Sukses

Tips Ikut Lelang Mobil dan Motor

Salah satu cara membeli mobil ataupun motor bekas selain lewat showroom ataupun iklan baris adalah melalui acara lelang

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu cara membeli mobil ataupun motor bekas selain lewat showroom ataupun iklan baris adalah melalui acara lelang. Seperti event Pesta Lelang IBID 2016 yang berlangsung 8-9 Oktober 2016 di Parkir Timur Senayan, Jakarta.

Bagi Anda yang tertarik ikut lelang, tentu harus memiliki strategi supaya bisa memenangkan kendaraan yang diincar. Perlu diketahui, sebagian besar calon peserta lelang ini merupakan pedagang showroom mobil bekas yang sarat pengalaman dan memiliki perhitungan matang.

Dalam sebuah kesempatan, Chief Operation Officer PT Balai Lelang Serasi Daddy Doxa Manurung memberikan tips seputar lelang bagi pemula. Menurutnya hal yang perlu dilakukan adalah cek fisik kendaraan yang diincar beserta kelengkapan dokumennya.

"Lalu kita harus tahu dulu harga market. Jangan sampai penawaran melebihi harga di pasaran," katanya saat dijumpai di sela acara, Sabtu (8/10/2016).

Lebih lanjut ia menyampaikan, saat lelang harus menjaga ego atau jangan sampai emosional. Tentunya hal ini bisa merugikan diri sendiri.

"Pernah kejadian, ada beberapa orang kalah stategi karena merasa dikalahkan, terus emosi dan secara tidak sadar harga yang ditawar sudah lebih dari harga market. Tapi ditebus demi ego," ujar Daddy.

Meski lawannya pedagang mobil, Anda bisa menang jika berani berspekulasi. Pasalnya, menurut Daddy, pedagang showroom akan berhenti menawar di titik-titik tertentu.

"Kemungkinan menang untuk perorangan cukup besar karena pedagang showroom biasanya akan berhenti ketika tidak ada margin, naikin saja satu tingkat lagi," Daddy menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini