Solusi Otomotif: Honda Vario Mengeluarkan Asap Hitam, Kenapa Ya?

Oleh Gesit Prayogi pada 08 Okt 2016, 09:10 WIB
Diperbarui 08 Okt 2016, 09:10 WIB
Dirilis Pekan Depan, Begini Perjalanan Honda Vario di Indonesia
Perbesar
PT Astra Honda Motor merilis Vario pertama kali di tahun 2006 silam.

Liputan6.com, Jakarta - Saya pakai Vario 2008. Yang saya mau tanyakan, kenapa knalpot mengeluarkan bau dan ketika digeber itu mengeluarkan asap hitam. Kira-kira kenapa dan apa solusinya? Apakah saya harus turun mesin untuk mengecek

Dear Bang Marwan,

Sepeda motor Honda (SMH) Vario tahun 2008 sistem pembahan bakar masih menggunakan Karburator. SMH mengeluarkan asap hitam dan bau menyengat mengindikasikan adanya pembakaran bahan bakar di ruang bakar yang tidak sempurna, di mana campuran bahan bakar dan udara terlalu kaya (bahan bakar lebih banyak dari pada udara). Di antaranya disebabkan oleh: 

  1. Karburator kotor terutama di saluran masuk bahan bakar (saluran Pilot Jet dan Main Jet) dan bisa juga akibat dari setelan dari screw stasioner yang tidak tepat. 
  2. Saringan udara kotor dan mampet akan menghambat udara yang akan masuk ke ruang bakar.
  3. Busi yang sudah aus, biasanya akan menghasilkan percikan api busi yang kecil sehingga tidak mampu untuk membakar bahan bakar dengan sempurna.
    Hal ini yang mengakibatkan timbulnya sisa bahan bakar yang tidak terbakar yang ikut keluar melalui knalpot dan menimbulkan bau menyengat serta keluar asap hitam.
  4. Ruang bakar banyak timbunan kerak yang mengakibatkan pembakaran yang tidak sempurna sehingga menimbulkan kompresi yang tinggi. 


Adapun solusi yang harus harus dilakukan, adalah :

  • Lakukan pengecekan dan pembersihan karburator serta setting ulang baut atau screw stasionernya.
  • Lakukan pengecekan saringan udara, apabila saringan udara sudah kotor lakukan penggantian. 
  • Cek busi, ganti busi apabila sudah aus dan percikan api busi kecil.
  • Lakukan pembersihan pada area ruang bakar.

Demikian penjelasan dari saya, semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.

Salam,

Venus Adha

==

Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim ke email: otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject : SOLUSI OTOMOTIF
Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung Venus Adha, Head of Technical Training and Quality Assurance Development Wahana Makmur Sejati.