Sukses

Selektif, Kustomfest 2016 Utamakan Kualitas

Event kustom terbesar di Asia Tenggara ini bakal digelar pada 8-9 Oktober 2016 di Jogja Expo Center Hall, Yogyakarta

Liputan6.com, Yogyakarta - Bagi penikmat dunia kustom motor dan mobil acara Festival tahunan Kustomfest jangan sampai dilewatkan. Event kustom terbesar di Asia Tenggara ini bakal digelar pada 8-9 Oktober 2016 di Jogja Expo Center Hall, Yogyakarta.

Director Kustomfest Lulut Wahyudi mengatakan, acara ini menjadi ajang berkumpulnya pelaku industri kustom kultur di Indonesia dengan karya-karya terbaiknya. Acara tahunan ini menurutnya merupakan budaya baru yang lahir dari pemikiran dan gagasan dengan menggabungkan sebuah art dengan teknik engineering.

Dalam perkembangannya, menurut Lulut, kustom kultur menghadirkan tren baru yang menjadi sebuah gaya hidup kemudian berkembang meluas menjadi sebuah fashion dengan berbagai sub-culture yang ada didalamnya seperti: otomotif, musik dan seni.

"Seleksi masih jalan terus. Referensi tahun kemarin 132 calon peserta yang tidak lolos seleksi tahun ini lebih banyak lagi. Karena setiap tahun kualitas dari kontestan kita naikkan. Kita tidak pernah lihat quantity dari peserta tapi kualitas harus kita perhatikan. Sehingga suatu saat Indonesia akan dikenal sebagai industri kreatif," ujarnya di Bengkel Retro Classic Cycles Baciro, Kamis (6/10).

Di tahun kelima penyelenggaraannya, Kustomfest mengambil tema besar "Reborn Legend!" (legenda yang terlahir kembali). Ajang ini akan menjadi reuni para legenda memajukan dunia kustom di Indonesia.

Tema ini dipilih sebagai selebrasi perayaan penyelenggaraan Kustomfest 2016. Tema ini memuat pesan kepada khalayak luas bahwa untuk mendapat pengakuan atas diri dan karyanya seseorang harus terus berproses sehingga melahirkan karya baru secara konsisten.

Namun ia menegaskan bahwa karya itu juga harus melihat dan mengambil kekayaan budaya lokal. Sehingga ke depan generasi muda Indonesia dikenal sebagai generasi pencipta dan bukan pemakai.

"Anak muda kita lahir dari nenek moyang yang besar. Ada peninggalan (candi) Prambanan dan Borobudur kalo kita bikin itu akan susah. Maka kita kembali lagi ayo kita menjadi bangsa pembuat dan jangan menjadi bangsa pemakai. Caranya gimana kita buat karya? Makanya reborn ini adalah legenda yang dilahirkan kembali," ujarnya.

Sebagai informasi, Kustomfest 2016 akan diisi beragam acara menarik, seperti parade Kustom Bike Show, Hot Rod & Kustom Car Show, Kustom Paint Battle, Kustom Art & Klasik Island, Vendor Booth, Body Art Show, BMX Kontest, Kustom Bicycle & Pedal Car, Junkyard Festival, Diecast Show, Stunt Rider Show, Pinstripe Carnival, Helmet Kustom Paint Kontest, Music Stage, Photo Kontest, Kustom Kulture Foodfest.

"Ada juga penampilan band legendaris Indonesia yaitu God Bless yang akan menjadi salah satu pengisi acara musik bersama dengan Ras Muhamad, The Sleting Down, Down For Life, Suicidal Sinatra dan lebih dari 25 band lainnya," tutup Lulut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini