Sukses

Uji Coba Mobil Tanpa Sopir, Bosch Andalkan Tesla Model S

Bosch memodifikasi Tesla Model S sehingga punya kemampuan otonomos.

Liputan6.com, Clayton - Tesla Model S adalah kendaraan listrik dengan teknologi mumpuni. Di Australia, kemampuan mobil ini semakin ditingkatkan dengan teknologi otonomos. Dengan begitu, sedan ini bisa melaju tanpa pengemudi.

Melansir caradvice.com.au, Kamis (6/10/2016), mobil ini adalah proyek langsung dari pemerintah Victoria, Australia, dengan menggandeng beberapa pihak, termasuk Bosch. Perakitannya juga dilakukan di markas Bosch di Clayton.

Dalam versi regulernya, Model S ini telah dilengkapi dengan kamera di depan kaca spion, radar di grill, serta sonor di seluruh body. Semua fitur ini kemudian dihubungkan dengan GPS dan dynamic mapping milik Bosch.

Dengan tambahan enam radar dan lidar (sistem pendeteksi yang menggunakan cahaya atau laser), kamera video stereo, serta komputer khusus, Bosch mengatakan bahwa mobil ini bisa "menavigasi jalan dengan atau tanpa masukan dari pengendara."

"Apa yang kami lakukan adalah mengambil semua fungsi dasar kendaraan otonomos pada Tesla Model S, sementara semua fungsi yang lebih tinggi (advanced), baru," ujar Presiden Bosch Australia, Gavin Smith.

Dalam waktu dekat Bosch akan melakukan uji coba trek Albert Park Formula One. Uji coba ini akan bisa dilihat masyarakat luas. Kemudian pada 23 Oktober, kendaraan yang sama akan dipamerkan di World Congress on Intelligent Transport Systems, di Melbourne.

Sekadar informasi, ini adalah mobil kelima yang Bosch buat dalam rangka riset dan pengembangan mobil otonomos. Mereka berharap kendaraan seperti ini, yang punya fitur otonomos tapi masih bisa dikendarai secara biasa, akan dijual pada 2025.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini