Sukses

Pantangan Cuci Mobil Ala Profesional, Apa Saja?

Pencucian mobil profesional punya cara tersendiri saat mencuci agar tidak menggores bodi.

Liputan6.com, Jakarta - Masih banyak orang yang salah kaprah saat mencuci mobil. Bukannya mobil semakin kinclong, hasilnya malah menimbulkan baret-baret di bodi setelah mencuci.

Eddy Halim, dari Carindo, distributor Nano Ceramic di Jakarta berbagi tips langkah mencuci mobil ala profesional agar terhindar dari goresan. 

"Waktu saya masih awam, cuci mobil dari depan ke belakang. Itu yang salah, harusnya dari atas ke bawah karena kotoran yang paling banyak kan di bawah. Jadi, mobil disiram dulu tapi bukan di tempat terbuka atau panas ya, tujuannya debu-debu ringan turun," tutur pria dengan sapaan Eddy ini.

Eddy menuturkan pemilik kendaraan jamak mencuci mobil dengan cara memutar (atas-bawah) yang dimulai dari depan. Secara logika, gerakan ini membuat kotoran terangkat ke atas.

"Kalau kita cuci dari depan ke belakang, itu atas bawah (gerakannya). Pasir yg di bawah kita angkat ke atas, apa nggak baret semua," lanjutnya.

Proses pengeringan juga tidak bisa sembarangan. Eddy mengungkapkan kiat mengeringkan mobil secara cepat dan efisien yaitu dengan kedua tangan.

"Gimana biar cepat, pakai tangan dua. Satu kain yg microfiber khusus pengeringan, satu microfiber atau cotton. Tangan yang satu ngelap, saat masih ada sisa air 60 persen dibantu lagi dengan tangan kedua," bebernya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini