Sukses

Jaket Motor Canggih, Punya Fitur Airbag

Jaket rancangan BMW-Alpinestars melindungi bagian tubuh atas yang vital.

Liputan6.com, Munich - Pemotor memiliki risiko lebih besar dibanding mobil saat terjadi kecelakaan. Pengendara lebih rawan mengalami benturan fatal saat insiden.

Melihat hal ini, BMW bersama produsen apparel motor Alpinestars menciptakan jaket yang dilengkapi airbag. Jaket ini berfungsi melindungi tubuh bagian atas ketika insiden di jalan raya atau medan off-road.

Dikutip Morebikes, BMW memanfaatkan teknologi Tech-Air dari Alpinestars yang tidak memerlukan sambungan sensor dari motor. Jaket memiliki sistem algoritma canggih yang mendeteksi bahaya dengan tingkat presisi tinggi.

Sistem ini secara otomatis mengembangkan kantung udara di bagian tubuh atas sebagai pelindung efektif saat benturan pertama. Jaket ini akan mengembang dalam 25 milisecond, termasuk ketika tabrakan dari belakang saat berhenti di lampu merah dan motor masih dalam posisi tegak.

Kantung udara melindungi punggung, ginjal, dada, hingga bahu di mana jadi bagian tubuh paling rentan saat kecelakaan. Lebih lanjut, sistem canggih Tech-Air bisa membedakan guncangan saat motor melewati medan off-road atau saat terjadi benturan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini