Solusi Otomotif: Modifikasi Ban Honda BeAT dan Rem yang Bagel

Oleh Gesit Prayogi pada 24 Sep 2016, 06:20 WIB
Diperbarui 24 Sep 2016, 06:20 WIB
Honda Beat Jadi Motor Injeksi Paling Laris
Perbesar
Honda BeAT series terjual sebanyak 185.817 unit sepanjang Februari 2016.
Untuk Honda BeAT ukuran maksimal ban yang bisa digunakan velg standar berapa? Kemudian, rem depan dan belakang terasa magel. Itu kenapa dan bagaimana cara mengatasinya? Terima kasih. -Hari Prasetiawan-

Liputan6.com, Jakarta -
Dear Mas Hari,

Untuk ukuran maksimal Ban yang digunakan dari velg standar sebaiknya tidak melebihi 10 persen dari dari lebar pattern asli ban bawaan pabrik.

Sedangkan rem yang terasa bagel, yaitu apabila handel rem terasa keras dan tertahan pada saat proses pengereman (pengereman tidak smooth) disebabkan karena cylinder master set (Gb. 1 - no 12) yang sudah aus dan dapat juga disebabkan karena seal caliper serta piston caliper yang aus.

Cara mengatasinya, yaitu dengan melakukan overhoul pada area Master rem dan piston caliper (area caliper) dengan melakukan penggantian master rem set. Seal piston caliper serta penggantian minyak rem dan juga lakukan pengecekan piston caliper-nya jika terdapat goresan yang dalam dipermukaan piston caliper, maka piston caliper perlu diganti juga kemudian cek kondisi pad set (kanvas rem depan), jika sudah tipis lakukan penggantian.

Sementara, gejala bagel pada rem belakang biasanya disebabkan kabel rem yang macet (pergerakan kabel seret) akibat dari kabel yang berkarat dan juga karena arm RR brake serta cam RR brake yang pergerakannya macet akibat karat. Cara mengatasi, lakukan pembersihan area arm RR brake (Gb. 2 – no 6) dan cam RR brake (Gb. 2 – no 4), kemudian cek juga kampas rem belakang, apabila sudah tipis lakukan penggantian kampas rem.

Demikian informasi dari saya, semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.


Salam,

Venus Adha

--

Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim ke email: otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject : SOLUSI OTOMOTIF
Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung Venus Adha, Head of Technical Training and Quality Assurance Development Wahana Makmur Sejati.