Sosok Reinkarnasi Honda Monkey, Apa Kelebihannya?

Oleh Yongki Sanjaya pada 22 Sep 2016, 18:29 WIB
Diperbarui 22 Sep 2016, 18:29 WIB
Honda Monkey
Perbesar
Foto: Rideapart

Liputan6.com, Tokyo - Beberapa waktu beredar gambar motor mungil di jagat maya, yang disinyalir sebagai Honda Z50 Monkey. Pabrikan berlogo sayap mengepak ini tampaknya ingin mengulang kesuksesan motor untuk kalangan remaja era 60-an, dan sebagai motor yang paling banyak dipakai di pit sirkuit.

Bocoran gambar ini juga menampilkan secara detil bagian headlamp, kaca spion, hingga dudukan plat nomor yang mengindikasikan sebagai model produksi. Namun, Honda masih belum mengonfirmasi kapan debut perdana si motor mungil tersebut.

Dikutip Rideapart, Honda akan memanfaatkan mesin 125 cc milik Grom untuk reinkarnasi Monkey. Nama yang digunakan kemungkinan berubah, bukan Monkey lagi tetapi Gromlin mengacu pada platform yang digunakan.

Motor mungil ini hanya menyisakan bagian lengan ayun turbular yang meniru tata letak Z50 asli, begitu juga desain knalpotnya. Sementara itu, banyak bagian motor mungil ini meliputi rangka, roda, rem, dan suspensi langsung diambil dari Grom.

Gambar paten yang beredar ini sekaligus memperlihatkan beberapa variasi dari konsep asli yang sempat dipamerkan di Thailand dan Jepang pada 2015 lalu. Dapat dikatakan bila desain Monkey merupakan evousi model produksi.

Beberapa penyesuaian juga dilakukan pada cikal bakal Gromlin atau Monkey, di antaranya catalytic converter knalpot yang bersembunyi di balik skid plate serta sistem injeksi bahan bakar yang terhalang diantara boks filter udara sebelah kanan dan cover bodi di kiri.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya