Solusi Otomotif: Suara Kasar di Mesin Avanza

Oleh Gesit Prayogi pada 17 Sep 2016, 09:13 WIB
Diperbarui 17 Sep 2016, 09:13 WIB
Toyota Avanza
Perbesar
Ilustrasi.
Saya punya masalah dengan mobil Avanza tahun 2008, pada awalnya mobil ini ada bunyi tidak normal pada mesin lalu saya bawa ke bengkel terdekat (tidak resmi).

Bengkel menyarankan ganti tameng, setelah ganti tameng gak tau pas jalan beberapa kilometer mobil di spidometer nyala lampu injeksi dan lampu oilnya.

Tidak lama setelah itu mobil itu saya bawa lagi ke bengkel tersebut akhirnya mobil saya turun mesin. Setelah turun mesin ditemukan gumpalan benang kain,sehingga oli tidak naik melumasi mesin keseluruhan akhirnya kuras sama metalnya kena. Saya gak tau namanya dalam otomotif.

Setelah diganti mobil saya sampai saat ini gak normal bunyi mesin, pada saat memanas mesin sering bunyi cit..cit... di spidometer gas normal di bawah angka 1 sebaris. Dan juga oli merembes di mesin, mobil tersebut saat ini saya kendarai tidak masalah namun rasa was-was saya yang jadi masalah.

Mohon berikan solusi buat saya pak, apa yg harus saya perbuat. Thanks.

Terima kasih Pak Azra atas pertanyaannya,

Mobil Avanza tahun 2008 berarti lama penggunaannya sampai 2016 adalah (8 tahun) belum lama ini mengalami bunyi tidak normal di bagian mesin. Saya coba membantu menjelaskan kemungkinan sebab terjadinya bunyi mesin kasar berdasarkan informasi dari Pak Azra Levi.

Bila terjadi bunyi pada mesin yang tiba tiba ada suara yang aneh dan tidak biasa didengar maka tindakan awal yang bisa kita lakukan sendiri adalah:

  1. Matikan mesin kemudian periksa jumlah oli mesinnya apakah kondisi cukup sesuai garis STD.
  2. Saat membuka kap mesin, coba diperhatikan di dalam ruang mesin apakah terdapat kebocoran atau tumpahan oli (biasanya kalau ada kebocoran ruang mesin akan terlihat kotor dan basah oli).
  3. Saat kendaraan meninggalkan tempat parkir coba diperiksa di lantai parkiran apakah ada tetesan oli.
  4. Pastikan ada gantungan atau catatan penggantian oli mesin yang terakhir di bulan dan kilometernya.

Nah, langkah (1,2,3,4) di atas itu hal-hal yang bisa menyebabkan mesin kasar. Apabila jumlah oli mesin sampai habis dan penggantian oli mesinnya sering lupa, kualitas oli akan rusak. Pada akhirnya membuat komponen di dalam mesin terjadi gesekan metal dengan metal tanpa ada pelumasan yang selanjutnya mesin akan mengalami bunyi bunyi yang tidak wajar.

Di dalam mesin Avanza sudah disediakan indikator pada meter dasbordnya ada gambar teko dengan tetesan oli. Warnanya akan menyala merah sebagai peringatan apabila terjadi masalah pada sistim pelumasannya akan menyala.

Suara cit...cit

Suara cit cit pada mesin kemungkinan besar disebabkan oli v-belt alternator atau v-belt AC kendor atau bisa sudah mulai keras karetnya. Tipsnya bisa dicoba dengan mengolesi gemuk sedikit saja pada V-belt. Sekalian coba ditekan v-beltnya apabila kendor segera disetel ulang.

Mengenai terjadi rembesan oli pada mesin bisa dipastikan sendiri secara visual apakah rembesan tersebut berasal dari seal yg bocor atau paking yang sudah rusak segera ganti ke bengkel terdekat jangan sampai oli mesinnya berkurang terlalu banyak atau sampai habis bisa mengakibatkan turun mesin kembali.

Kalau belum sempat cukup lakukan langkah (1) di atas kalau kurang segera tambahkan oli sampai garis STD Avanzanya akan aman di gunakan setiap hari.

Semoga jawaban saya bisa membantu Pak Azra Levi hilang rasa was-was menggunakan Avanzanya dan bisa melakukan sendiri pemeriksaan awal secara rutin di rumah.

Terima Kasih

H Agus Mustafa

-- 
Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim ke email: otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:


Subject : SOLUSI OTOMOTIF
Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung oleh technical support Auto2000 Agus Mustafa.

Pria yang karib disapa `Pak Haji` ini sudah 26 tahun berkarir di Auto2000.  Saat ini ia berada di divisi National Technical Support Head Office.

Selama berkarir Agus Mustafa sejumlah prestasi di antaranya:
- Juara satu National Toyota Technicians Skills Contest; dan
- Jadi wakil Toyota Indonesia di 7th Asian Technicians Skills Grand Prix di Roc, Taiwan.