Sukses

Solusi Otomotif: Honda BeAT Mati Mendadak Ketika Gas Ditutup

Seorang pengguna Honda BeAT mengeluhkan motornya mati mendadak ketika gas ditutup. Apa penyebab dan solusinya?

Saya mau tanya kenapa sepeda Honda BeAT tahun 2014 pas perjalanan kalau gasnya habis terkadang mati sendiri dan starter-nya harus maksa nggak bisa langsung saya minta solusinya. Terima Kasih

Liputan6.com, Jakarta - Dear Mas Sahlan,

Ada beberapa hal yang dapat mengakibatkan Honda Beat mati mendadak, ketika dikendarai pada saat gas ditutup :

  1. Cek kondisi langsam ( putaran stasioner )kemungkinan tidak standar (di bawah standar) standar RPM untuk SMH Beat 1.700 +/- 100 RPM. 
  2. Cek kondisi busi, baik kerenggangan busi (0.8 – 0.9 mm) maupun lama pemakaian busi (ganti busi setiap 8.000 km).
  3. Cek kerenggangan klep (kemungkinan jarak renggang klep terlalu rapat) standar celah klep beat 0.14 mm +/- 0.02 mm.
  4. Cek saringan udara (kemungkinan saringan udara mampet akibat kotor).
  5. Cek Tekanan kompresi ada kemungkinan terjadi kebocoran kompresi yang disebabkan karena adanya timbunan kerak yang berlebih di area ruang bakar yang bisa disebabkan oleh pemakaian bahan bakar dengan kualitas rendah.
  6. Cek tutup tangki bensin apakah lubang ventilator/pernapasan mampet atau tidak karena jika tersumbat akan berakibat hilang nya sirkulasi udara sehingga bahan bakar tidak akan mengalir.
  7. Mesin terlalu panas/over heat yang di sebabkan karena sirkulasi oli di dalam mesin tersumbat sehingga ring piston menjadi kering dan mengakibatkan motor mati mendadak.

Demikian infomasi dari saya, mudah-mudahan dapat bermanfaat. Terima kasih.


Salam
Venus Adha

--
Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim ke email: otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject : SOLUSI OTOMOTIF
Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung Venus Adha, Head of Technical Training and Quality Assurance Development Wahana Makmur Sejati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini