Toyota C-HR Lebih Mahal Ketimbang Honda HR-V

Oleh Rio Apinino pada 07 Sep 2016, 09:56 WIB
Diperbarui 07 Sep 2016, 09:56 WIB
Toyota C-HR
Perbesar
Toyota mengeluarkan senjata baru untuk melawan Honda H-RV

Liputan6.com, London - Bukan rahasia umum lagi jika Toyota C-HR adalah model yang coba menandingi dominasi Honda HR-V di segmen SUV kompak. Untuk itu, pekerjaan rumah Toyota adalah menandingi apa saja yang melekat pada HR-V.

Salah satu aspek penting dalam persaingan antar model adalah harga. Nah, dalam hal ini, ternyata Toyota C-HR masih kurang kompetitif. Harganya masih ada di atas Honda HR-V. Ini terjadi di Inggris sebagai salah satu pasar besar di Eropa.

Melansir laman toyota.co.uk, Rabu (7/6/2016), Toyota C-HR varian terbawah, 1.2 Petrol Turbo 6 Speed Manual, harganya mulai dari 20.995 pound sterling atau setara Rp 368,58 juta. Sementara Honda HR-V, menurut laman honda.co.uk, harganya mulai dari 23.575 pound sterling atau setara dengan Rp 413 juta.

Adapun varian tertinggi C-HR (1,2 petrol turbo AWD dan 1,8 petrol hybrid FWD) dibanderol dengan harga 27.995 pound sterling atau setara Rp 491,4 juta. total ada 11 varian yang dijual di Negeri Ratu Elisabeth itu.

Tidak disebutkan mengapa harganya bisa terpaut relatif jauh (Rp 50 jutaan). Namun diperkirakan hal ini juga berkaitan dengan faktor lokasi perakitan. Sementara Honda punya pabrik di Inggris, C-HR justru didatangkan dari pabrik yang ada di Turki.

Toyota C-HR diperkenalkan sebagai mobil konsep di ajang Geneva Motor Show, Maret lalu. Mobil ini dibangun menggunakan platform modular Toyota New Global Architecture (TNGA) yang terlihat pada sudut-sudut tajam bergaya sporty sekaligus sangar.

Di Indonesia, Toyota CH-R diperkenalkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Agustus kemarin. Toyota Indonesia belum bisa menjanjikan apakah mobil ini juga akan hadir di Indonesia atau tidak.