Sukses

Cuma Pakai Air, Kilap Cat Mobil Awet 3 Tahun

Lapisan coating yang memanfaatkan air ini bisa mempertahankan kilau pada panel berlapis krom.

Liputan6.com, Tangerang Selatan - Coating cat mobil terdiri dari beragam jenis, salah satu yang paling mutakhir yakni berbasis air. Perawatan yang diinisiasikan oleh PT Indo Nano Hartamas ini mengubah molekul air yang mengandung senyawa ceramic.

"Prosesnya cuci dulu semua, di-polish wax, cuci lagi untuk buang sisa wax setelah itu di coating. Jadinya dua kali cuci," ucap Shafarul Remee, Supervisor Nano Shine Malaysia saat kunjungannya ke Indonesia, kepada Liputan6.com.

Pria dengan sapaan Remee ini mengatakan lapisan Nano Shine ini tahan panas, sehingga tidak rusak bila diaplikasikan pada bagian knalpot atau blok mesin motor gede. Ia mengklaim lapisan coating ini bisa mempertahankan kilau pada panel berlapis krom.

"Prosesnya 4-5 jam, dia kan bisa tahan panas. Krom (knalpot dan mesin) kan lama-lama pudar, setelah di-coating ceramic. jadi kinclong," lanjutnya.

Coating ini bisa melapisi seluruh material kendaraan, seperti plastik, kaca, hingga plat besi. Soal daya tahan, Remee menyebut kekuatan lapisan coating ini berbeda antara mobil baru dengan mobil yang telah terpakai.

"Mobil baru keluar dari showroom bisa lima tahun, kalau sudah terpakai hanya 3 tahun. Lapisan ini Nggak bisa nutupin scratch awal," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.