Sukses

Tak Perlu ke Bengkel, Lakukan 2 Perawatan Ini Sendiri

Ganti oli dan membersihkan busi adalah dua perawatan standar yang bisa dilakukan sendiri.

Liputan6.com, Depok - Perawatan sepeda motor umumnya dilakukan di bengkel. Misalnya membersihkan karburator atau servis ringan. Meski begitu, merawat motor sebetulnya tak melulu mesti ke bengkel.

Lutfi Santana, pemilik bengkel keliling yang beroperasi di wilayah Depok dan Pasar Minggu, mengatakan ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah. Beberapa di antaranya adalah ganti oli dan cek busi.

"Yang bisa dilakukan sendiri itu paling ganti oli atau cek busi. Ini sebulan sekali saja," ujarnya kepada Liputan6.com beberapa waktu yang lalu.

Ganti oli yang paling bagus adalah yang sesuai dengan petunjuk pabrikan. Oli yang sesuai dilihat dari kekentalannya (SAE), entah dari merek apapun. Ada motor yang harus ganti oli per 2.000 km, namun ada pula yang lebih dari itu.

Menurut Lutfi, waktu terbaik untuk mengganti oli adalah malam hari. "Jadi oli lama dikeluarkan, lalu diamkan seharian. Tidak usah pakai kompresor seperti di bengkel karena nanti justru kotorannya jadi kemana-mana," terang Lutfi.

Sementara untuk perawatan busi, satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan menyikatnya, setelah terlebih dulu dilumuri dengan bensin. "Busi yang penting dibersihkan. Disikat pakai kawat saja, keraknya nanti rontok semua," tambah Lutfi.

Ada beberapa perbaikan lain yang bisa dilakukan sendiri, asalkan punya pengetahuan tentang itu. Beberapa di antaranya adalah membersihkan karburator dan mengencangkan rantai sendiri. "Tapi harus punya alatnya sendiri," tutup Lutfi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini