Solusi Otomotif: Bau Uap Bensin Saat Bensin di Bawah 50 Persen

Oleh Gesit Prayogi pada 03 Sep 2016, 06:05 WIB
Diperbarui 03 Sep 2016, 06:05 WIB
Kijang Innova
Perbesar
Kijang Innova
Innova VVTI saya tahun 2006, kalau BBM kurang dari 50 persen dan mobil baru dipakai, dari luar mobil sebelah kiri belakang (dekat pengisian BBM) selalu tercium bau uap BBM. Tetapi kalau BBM penuh tidak tercium bau BBM. Tetapi kalau tutup pengisian BBM dibuka dan keluar uapnya baunya sudah hilang. Apakah hal tersebut bisa menyebabkan kebakaran? Trims. -Donal-

Pak Donal di Tulungagung, terima kasih pertanyaannya. Kijang Innova VVTi tahun 2006 tercium bau uap BBM saat tangki kurang dari 50 persen, hal ini dapat dilakukan langkah-langkah pemeriksaan:

  1. Tutup Tangki BBM :
    a. Pada tutup tangki BBM dapat dilakukan pemeriksaan awal dengan memeriksa apakah saat ditutup rapat ada bunyi kret kret untuk memastikan tidak ada katup yang terbuka.
    b. Periksa fisik dari tutup BBM apakah karetnya masih bagus tidak retak retak.
    c. Saat parkir di garasi tolong diperhatikan apakah ada tetesan bensin pada lantai garasi.

  2. Carcoal Canister :
    Uap bensin yang terjadi di dalam tangki bensin akan disalurkan menuju tabung Carcoal Canister yang selanjutnya uap tersebut akan di kirim ke ruang bakar. Apalagi saat bensin dalam tangki terisi setengah maka setengahnya akan terjadi uap yang banyak. Hal tersebut juga bisa berpotensi terjadinya bau uap bensin.

  3. Di atas tangki bensin terdapat Ch Valve yang menghubungkan ruang bagian atas tangki bensin dengan udara luar agar kevakuman di dalam tangki bensin tetap terjaga sesuai standar pabrik. Kalau Ch Valve one way-nya bocor ini juga dapat menimbulkan bau uap bensin.

  4. Periksa sambungan selang karet masuk pengisian bahan bakar di sebelah kiri, apakah dalam kondisi bagus atau bocor. Lebih baik Anda ke bengkel terdekat untuk memastikan sumber masalah. Apalagi bila tidak menemukan gejala seperti point di atas, karena potensi bahaya kebakaran bisa terjadi.

Semoga bisa membantu menemukan bau uap bensin pada kendaraan Innova-nya

Terima Kasih
Salam

H Agus Mustafa
--

Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim ke email: otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject : SOLUSI OTOMOTIF 
Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung oleh technical support Auto2000 Agus Mustafa.

Pria yang karib disapa `Pak Haji` ini sudah 26 tahun berkarir di Auto2000. Saat ini ia berada di divisi National Technical Support Head Office. Selama berkarir Agus Mustafa pernah memperoleh sejumlah prestasi, di antaranya:

- Juara satu National Toyota Technicians Skills Contest
- Menjadi wakil Toyota Indonesia di 7th Asian Technicians Skills Grand Prix di Roc, Taiwan.