Solusi Otomotif: Bunyi `Tek-Tek` Berkendara di Jalan Gelombang

Oleh Gesit Prayogi pada 20 Agu 2016, 06:28 WIB
Diperbarui 20 Agu 2016, 06:28 WIB
Taklukkan Perjalanan Menantang dengan All New Honda Supra GTR 150
Perbesar
Ilustrasi berkendara di jalan bergelombang
Kalo lagi boncengan, di bagian tengah motor ada bunyi tek-tek ketika berkendara di jalan bergelombang. Pas saya tanya ke beres katanya as tengahnya goyang, mungkin karatan karena sering kena air. Kira-kira solusinya bagaimana ya? Terima kasih..

Terima kasih Bang Marwan, atas pertanyaannya.

Bunyi tek-tek dari motor akan saya uraikan di bawah namun saya belum mendapatkan informasi motor yang digunakan. Apakah tipe matik, sport atau cub.

Jawaban saya bagi menjadi 2 (dua) kelompok berdasarkan konstruksi dari motor, yaitu Matic dengan type Sport/Cub.

  • Untuk type Matic (lihat Gambar 1 dalam lingkaran merah), ada kemungkinan disebabkan dari Baut Link Engine Hanger kendor akibat dari Bushing Link Engine Hanger oblak (aus) atau dapat juga disebabkan karet/Rubber Ling Stoper lepas dari dudukannya.
  • Untuk type Cub/Sport (lihat Gambar 2 dalam lingkaran merah), bunyi tersebut disebabkan karena Baut As (Shaft) Swingarm kendor akibat dari Boss Swingarm/Bearing Swingarm oblak (aus) yang disebabkan adanya air masuk hingga menimbulkan karat.

Untuk solusinya, sebaiknya harus dilakukan penggantian part yang bermasalah tersebut.

Salam 
Venus Adha

--
Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim ke email: otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject : SOLUSI OTOMOTIF
Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung Venus Adha, Head of Technical Training and Quality Assurance Development Wahana Makmur Sejati.