Solusi Otomotif: Mengatasi Bunyi di Kaki-Kaki Daihatsu Xenia

Oleh Gesit Prayogi pada 13 Agu 2016, 06:34 WIB
Diperbarui 13 Agu 2016, 06:34 WIB
Daihatsu Xenia
Perbesar
-
Daihatsu Xenia tahun 2013 sporty pada bagian bawah kalau jalan terdengar suara berisik. Saya sudah coba servis di bagian kaki-kaki tapi tidak hilang suara berisiknya. Saya minta penjelasan penyebab suara berisik itu datang dari mana. sebelumnya saya ucapkan terima kasih. Mohon penjelasan Pak Agus.

Liputan6.com, Jakarta Terima kasih atas pertanyaan Pak Prayitno di Cirebon soal suara berisik di newXeniaSporty 2013 bagian bawah kalau jalan terdengar suara berisik.

Untuk keluhan pada kendaraan terdengar suara berisik memang gampang gampang susah, mudahnya kalau sudah ketemu sumbernya. Hehehe..

Baiklah saya akan membantu Pak Prayitno mengarahkan kira-kira sumber berisik pada bagian bawah mobil Xenia dari mana:

Coba pastikan dulu bunyi terjadi saat melalui jalan model apa? Jalan lurus di tol, jalan berkerikil, jalan bergelombang, atau jalan
rusak dengan kondisi yang bervariasi.

Untuk menjawab keluhan saudara, saya asumsikan jalan model yang gabungan dan bervariasi batu dan gelombang.

Pada bagian bawah kendaraan terutama di depan ada beberapa komponen yang bisa menimbulkan sumber bunyi antara lain:

  1. Pada komponen steering:
    a. Steering shaft yang berada di dalam rack steer apabila terjadi keausan bisa menimbulkan berisik saat melalu jalan yang berfariasi.
    b. Long tie rod (leng tie rod) kalau terjadi oblak ini bisa menimbulkan bunyi berisik.
    c. Tie rod end ini juga bisa menimbulkan bunyi berisik. 
    d. Ball joint juga bisa menimbulkan bunyi berisik
    f. Link stabilizer kalau sudah mulai oblak juga timbul suara berisik.
  2. Bagian shock absorber
    a. Karet support shock absorber pecah/keras juga bisa menimbulkan bunyi berisik.
    b. Shock absorber-nya bocor bisa menimbulkan berisik.
  3. Bearing Roda depan yang rusak bisa menimbulkan bunyi berisik saat kendaraan jalan.
  4. Ban 
    a. Karet hitam ini (ban) apabila mengalami keausan yang tidak rata, ada benjolan, atau peang bannya bisa menimbulkan bunyi berisik .
  5. Baut baut yang ada pada body kendaraan apakah sudah di periksa semua , kalau ada yang kendor dapat menimbulkan bunyi berisik juga.

Memang cukup untuk problem bunyi-bunyian ini. Pak Prayitno membutuhkan ketelitian dan telaten untuk mencari sumber bunyi dan tidak bisa diburu-buru.

Alat bantu yang biasa digunakan adalah sound detector yang dipasang pada di atas mobil kemudian dilakukan tes jalan. Nah, apabila tak ada alat itu, otomatis mekanik perlu melakukan pemeriksaan satu per satu.

Semoga bisa membantu menemukan bunyi-bunyi berisik pada kendaraan Xenianya

Terima Kasih
Salam

H Agus Mustafa

--
Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim ke email: otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:


Subject : SOLUSI OTOMOTIF MOBIL/MOTOR
Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung oleh technical support Auto2000 Agus Mustafa.

Pria yang karib disapa `Pak Haji` ini sudah 26 tahun berkarir di Auto2000.  Saat ini ia berada di divisi National Technical Support Head Office.

Selama berkarir Agus Mustafa pernah memperoleh juara satu National Toyota Technicians Skills Contest  dan jadi wakil Toyota Indonesia di 7th Asian Technicians Skills Grand Prix di Roc, Taiwan.