Solusi Otomotif: Deteksi Masalah Bearing Roda

Oleh Gesit Prayogi pada 06 Agu 2016, 06:35 WIB
Diperbarui 06 Agu 2016, 06:35 WIB
Jelajahi Pulau Dewata, Fitur Unggulan All New Mazda2 Unjuk Gigi
Perbesar
Ilustrasi.
Saya Utomo di Surabaya. Saya pengguna Mazda2 tahun 2012. Saya mau tanya kenapa ketika jalan di tol terdengar suara dengung. Ada yg bilang bunyi itu berasal dari bearing roda. Nah, bagaimana cara mengetahui bearing yg sudah perlu diganti?

Terima kasih atas pertanyaan Mas Priadi. Soal keluhan suara dengung ketika berkendara di jalan tol kemungkinan ada beberapa penyebab. Tetapi, ada ritual yang harus dilakukan dulu.

Coba saat jalan malam lewat jalan tol kendaraan diatur kecepatannya sampai terdengar dengung yang paling tinggi, setelah tercapai kemudian pedal gas dilepas dan gigi transmisi ubah ke Netral.

Dengarkan apakah bunyi dengung masih terdengar sampai kecepatan rendahnya berapa. Bila sampai kecepatan rendah masih terdengar dengung kemungkinan berasal dari ban. Bila hanya terdengar di kecepatan tinggi bisa di sebabkan oleh bearing roda.

*Nah, sebelum melakukan ini harus perhatikan lingkungan sekitarnya dalam kondisi aman terkendali ya.

Adapun, hal-hal yang dilakukan di atas berguna untuk membedakan apakah dengung berasal dari ban, bearing roda, atau kondisi jalan tol itu sendiri.

Untuk memastikan apakah ada masalah pada bearing roda tentu kendaraan perlu dibawa ke bengkel untuk pemeriksaan lebih lanjut. Semoga penjelasan saya membantu.

Salam

H. Agus Mustafa

--

Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim ke email: otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject : SOLUSI OTOMOTIF
Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung oleh technical support Auto2000 Agus Mustafa.

Pria yang karib disapa `Pak Haji` ini sudah 26 tahun berkarir di Auto2000. Saat ini ia berada di divisi National Technical Support Head Office. Selama berkarir Agus Mustafa pernah memperoleh sejumlah prestasi, di antaranya:

- Juara satu National Toyota Technicians Skills Contest
- Menjadi wakil Toyota Indonesia di 7th Asian Technicians Skills Grand Prix di Roc, Taiwan.