Sukses

Calya Sigra Bukan yang Terakhir, Ada Produk Kolaborasi Lainnya

Calya dan Sigra bukanlah produk kolaborasi terakhir antara Toyota dan Daihatsu.

Liputan6.com, Karawang - Toyota dan Daihatsu Indonesia resmi memperkenalkan produk kolaborasi terbaru, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, di Pabrik Daihatsu yang ada di Karawang, Jawa Barat, Selasa (2/8/2016).

Produk hasil kerja sama keempat setelah Avanza-Xenia, Rush-Terios, dan Agya-Ayla ini nampaknya tak akan jadi yang terakhir. Hal ini diungkapkan oleh Masanori Mitsui, Presiden Daihatsu Motor Company.

"Saat ini kita berada di pabrik perakitan dan R&D yang menjadi basis produksi Daihatsu dan Toyota. Dari sini kami akan terus mengembangkan mobil kompak yang sesuai dengan konsumen Indonesia," ujar Mitsui.

Mitsui mengatakan, konsumen di Indonesia itu punya kebutuhan yang unik dan khusus. Salah satunya telah diakomodir melalui Sigra, yaitu kabin yang lebih lapang. "Saya yakin model baru ini cocok dengan konsumen Indonesia," tambahnya di hadapan wartawan dan pejabat kedua perusahaan.

Pasca diakuisisi sepenuhnya oleh Toyota, Daihatsu memang berkomitmen untuk terus mengembangkan mobil kompak. Sebab di satu sisi, diakui sendiri oleh Toyota bahwa mereka masih kurang maksimal di segmen ini.

"Kami belum mampu membangun kehadiran yang signifikan pada minicar," ujar Akio Toyoda, Presiden Toyota kepada Asia Nikkei.

Kehadiran produk yang dimaksud tentu tidak akan dalam waktu dekat. Kedua perusahaan asal Jepang ini akan terlebih dulu memaksimalkan Sigra-Calya. Lagipula, memang perlu waktu yang lama untuk merancang sebuah mobil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini