Solusi Otomotif: Efek Gonta-Ganti BBM di Sepeda Motor

Oleh Gesit Prayogi pada 30 Jul 2016, 06:09 WIB
Diperbarui 30 Jul 2016, 06:09 WIB
20151006-Pertalite Mulai Dipasarkan di Lima Kota Sumbangsel-Lampung
Perbesar
Ilustrasi.

 

Halo mas Adha, saya pengguna Honda Beat 2009, yang mau saya tanya adalah adakah pengaruh bila kita sering gonta-ganti bensin Premium, Pertamax, Pertamax Plus. Untuk motor saya idealnya diisi bensin RON berapa? Kalau lebih tinggi misal 95 apakah berpengaruh buruk pada mesin. -Utomo-


Mas, Utomo, pemilihan sangat tergantung dari spesifikasi kendaraan. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah besar kompresi pada mesin kendaraan tersebut.

Sebagaimana kita ketahui, di pasaran ada sejumlah jenis, yakni Premium (Nilai Oktan/RON 88), Pertalite (Nilai Oktan 90), Pertamax (Nilai Oktan 92), Pertamax Plus (Nilai Oktan 95) dsb. Dari masing-masing bahan bakar tersebut pemakaiannya disesuaikan dengan kompresi yang ada pada setiap motor Anda.

Premium sebaiknya digunakan pada motor yang berkompresi 7 – 9 : 1, Pertalite pada motor yang berkompresi 9 -10 : 1, Pertamax untuk kompresi 10 -11 : 1 sedangkan Pertamax Plus berkompresi 11 – 12: 1. 

Pemakaian bahan bakar yang sering gonta-ganti akan ada pengaruhnya dan hal ini terjadi karena adanya perbedaan tekanan yang diberikan bahan bakar terhadap mesin. Sehingga efeknya akan timbul knocking yang lebih tinggi sehingga mengakibatkan kinerja mesin berkurang dan konsumsi BBM jadi lebih boros.

Adapun, Honda Beat mempunyai tekanan kompresi 9.2 : 1 lebih sesuai menggunakan bahan bakar Pertalite. Demikian, Mudah-mudahan dapat bermanfaat. Terima kasih.

Salam
Venus Adha

--

Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim ke email: otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject : SOLUSI OTOMOTIF
Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung Venus Adha, Head of Technical Training and Quality Assurance Development Wahana Makmur Sejati.