Sukses

Apa Kabarnya Recall Yamaha R25 dan MT25?

Penggantian komponen mulai dilakukan sejak 12 Juli 2016 di dealer-dealer R-Shop Yamaha.

Liputan6.com, Jakarta - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengumumkan kampanye penarikan kembali (recall) terhadap YZF-R25 ABS dan Non ABS serta MT25 beberapa waktu lalu. Disebutkan, penggantian komponen mulai dilakukan sejak 12 Juli 2016 di dealer-dealer R-Shop Yamaha.

Lalu bagaimana perkembangannya? Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT YIMM mengatakan, recall telah berjalan hanya saja pendistribusian komponen pengganti di beberapa daerah mengalami hambatan.

"Untuk part di pelosok kita belum (merata) karena kemarin ada kendala di-delivery saat libur lebaran. Makanya kemarin ada yang complain kok tempatnya belum ada. Sebenarnya ada tapi belum sampai barangnya," jelas Masykur baru-baru ini.

Dia menyebutkan, daerah-daerah yang belum menerima part pengganti berada di luar pulau Jawa. "Tapi ada beberapa wilayah di Jawa yang juga belum terima seperti di kota-kota kecil, kota-kota kabupaten," katanya.

Lebih lanjut Masykur mengapresiasi komunitas R25 yang solid dan kooperatif dalam menjalani kampanye recall. "Beberapa komunitas cukup kreatif, mereka datang tidak sendiri-sendiri tapi janjian. Saat motornya ditangani mereka bisa sekalian kopdar," ujarnya.

Sebagai informasi, penggantian komponen yang dilakukan Yamaha ada 9 item. Adapun part utama yang terindikasi bermasalah pada R25 adalah Pressure Plate Assy & Oil Pump Assy (berkenaan dengan kinerja mesin) dan Front Brake Hose (berkenaan dengan fungsi rem). Sementara pada R25 ada pada Clamp Front Brake Hose.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.