Sukses

Michellin Siapkan Ban Baru di GP Jerman

Michelin akan menyediakan ban depan asimetris untuk pertama kalinya di GP yang dihelat di Sirkuit Sachsenring, Jerman.

Liputan6.com, Saxony - Michelin akan menyediakan ban depan asimetris untuk pertama kalinya di musim ini. Ban ini dibuat khusus untuk menyambut GP Jerman yang dihelat di Sirkuit Sachsenring, Saxony, akhir pekan ini.

Ban ini sendiri, sebagaimana dilansir crash.net, Selasa (12/7/2016), mencoba menjawab tantangan yang dihadirkan Sirkuit Sachsenring. Di sana, trek cukup sempit, berkelok-kelok, dan disebut lebih menguntungkan pengendara kidal.

Sirkuit Sachsenring punya lebih banyak tikungan ke kiri dibanding ke kanan (10 banding 3). Tapi tikungan paling cepat justru ada pada tikungan 11 yang mengarah ke kanan.

Karena karakter tersebut, jika menggunakan ban biasa, maka ban depan sisi kiri akan lebih mudah aus. Inilah yang disiasati Michelin. Pada sisi ini, kompon ban yang digunakan lebih keras dibanding yang kanan.

Untuk menyelaraskan dengan ban depan, Michelin juga akan menyediakan ban belakang yang sisi kirinya lebih keras. Ban ini akan tersedia dalam pilihan medium dan hard.

"Kami telah menciptakan desain kompon baru khusus untuk trek ini. Ini akan menjadi ban asimetris pertama dimana sisi kiri lebih keras dibanding yang kanan," ujar Piero Taramasso, Manager of Michelin's Two-Wheel Motorsport Group.

Sirkuit Sachsensring sendiri memiliki tiga lintasan, dimana Sirkuit A atau sirkuit utama dengan panjang 3,7 km yang akan digunakan. Mirip seperti Sirkuit Assen, Belanda, di tempat ini cuaca dapat dengan mudah berubah-ubah.

Sejauh ini, baru Marc Marquez yang menyatakan diri optimistis dapat menaklukan Sachsensring. Ia bahkan berkata sirkuit ini adalah salah satu kesukaannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.