Sukses

Kendarai BMW Tua Demi Penderita Kanker

Pengendara BMW akan melakukan perjalanan ribuan kilo untuk menggalang dana publik demi kesembuhan penderita kanker.

Liputan6.com, California - Mengendarai sepeda motor bukan semata kesenangan atau keperluan mobilitas sehari-hari. Mengendarai motor juga bisa dilakukan demi misi sosial, dalam arti untuk membantu orang lain.

Hal inilah yang dilakukan oleh Frank Kalman. Ia berencana akan melakukan perjalanan sejauh 8.046 km menggunakan BMW Motorrad jadul demi meningkatkan kesadaran masyarakat soal kanker yang diderita anak-anak. Perjalanan ini ia namakan Ride For A Cure.

Selain itu, sebagaimana dilaporkan Cycleworld, ia juga berencana menggalang dana publik untuk membantu para penderita penyakit. Kalman merupakan Direktur Eksekutif Kids Cancer Research Foundation yang berlokasi di Amerika Serikat (AS).

Kalman akan memulai perjalanan pada 11 Juli, dari San Luis Obispo, California, hingga Chicago. Di sana ia akan menghadiri pertemuan puncak konferensi peneliti kanker se-AS. Di sana para peneliti akan mempresentasikan riset terbaru mereka.

Kalman punya pengalaman menyakitkan soal kanker. Diceritakan, 15 tahun lalu, anaknya terkena kanker. Anaknya tak bisa diselamatkan karena kekurangan biaya. Sejak saat itu ia berjanji tak boleh ada lagi yang bernasib sama sepertinya.

Kegiatan amal ini sebetulnya tak hanya dilakukan Kalman saja. Di Indonesia juga ada yang seperti ini. Salah satunya adalah klub motor bernama Distinguished Gentleman Ride. Dua tahun lalu, mereka berkeliling kota Solo demi mengumpulkan uang masyarakat.

Gentleman Ride sendiri merupakan jaringan klub motor internasional yang memang dibuat untuk menggalang dana publik dengan cara mengendarai motor. Penggalangan dana dilakukan tiap tahun. Terakhir, pada 2015 lalu, menurut laman gentlemansride.com, setidaknya ada 30 ribu pengendara motor dari 400 kota turut berpartisipasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini