Sukses

Lampu Mobil Tiba-Tiba Mati Saat Macet, Kenapa Ya?

Kenapa lampu depan mobil bisa tiba-tiba mati saat macet?

Liputan6.com, Depok - Lampu mobil atau headlamp adalah salah satu elemen penting dalam keselamatan berkendara. Tanpa lampu depan yang baik, penglihatan terganggu saat malam tiba atau di kala hujan.

Terdapat kasus di mana lampu depan tiba-tiba mati saat mobil ada di tengah kemacetan. Tentu ini sangat mengganggu. Ini menimbulkan pertanyaan, apakah macet membuat komponen lampu rusak? Bagaimana penjelasannya?

Menurut Ardiansyah, Service Manager PT Setiajaya Mobilindo, umumnya hal tersebut dialami oleh lampu-lampu aftermarket yang kualitasnya jelek.

"Kalau kasus itu sepertinya sudah dimodifikasi dengan lampu aftermarket. Kalau macet kan lebih panas, tidak ada angin, lampu terlampau panas sehingga filamennya putus," ujar Ardiansyah kepada Liputan6.com, Selasa (28/6/2016).

Menurut Ardi, jika lampu yang digunakan adalah lampu standar pabrikan, maka hal ini tidak terjadi. "Sebab kalau lampu standar kan long last, sesuai standar," tambahnya.

Meski demikian, suhu panas bukanlah satu-satunya penyebab lampu mati. Ada pula penyebab lain, misalnya tegangan listrik terlalu tinggi, soket lampu kendur atau kotor, hingga goncangan berlebih karena jalanan yang jelek.

Karena itu, Ardi menyarankan agar pemilik mobil tetap menggunakan lampu standar saja. Kalaupun mau diganti, pastikan lampu pengganti berkualitas baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.