Terungkap, Harga Dasar Mobil Murah Adik Avanza-Xenia

Oleh Gesit Prayogi pada 09 Jun 2016, 10:19 WIB
Diperbarui 09 Jun 2016, 10:19 WIB
Terungkap, Harga Dasar Mobil Murah Adik Avanza-Xenia
Perbesar
Harga dasar mobil murah adik Avanza-Xenia terungkap secara daring.

Liputan6.com, Jakarta Kabar seputar mobil murah adik Avanza-Xenia terus bergulir. Kali ini, harga dasar untuk tipe terendah low cost green car (LCGC) tujuh penumpang itu terungkap melalui data dari Dinas Pelayanan Pajak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Setidaknya, ada 12 tipe yang akan diniagakan mulai pertengahan tahun ini. Untuk tipe terendah, mobil punya harga dasar Rp79 juta. Sementara varian tertinggi harga dasarnya Rp106 juta. Menariknya, mobil akan tersedia dalam dua opsi mesin, 1,2 liter dan 1,0 liter. 

Sebagaimana disadur dari Carbay, mesin 1,0 liter merupakan milik Astra Daihatsu Ayla yang berkonfigurasi 3-silinder DOHC tanpa katup variabel dengan output tenaga 68 PS. Sementara 1,2 liternya merupakan mesin 4 silinder yang telah didukung teknologi VVT-i.

Menurut informan 'orang dalam' adik Avanza-Xenia itu memiliki konsumsi bahan bakar yang sama dengan Agya-Ayla.

Konsumsi BBM 

"Kalau itu (adik Avanza-Xenia) harus memenuhi persyaratan (konsumsi BBM 20 km/liter," kata sumber anonim tersebut.

Sementara itu, ia mengonfirmasi bahwa sejumlah gambar yang beredar di warga daring benar adanya. Mobil itu, sebut sumber, sudah masuk dalam tahap siap produksi.

Menyoal pengembangan mobil tersebut, ADM-TAM melibatkan tangan lokal dan Jepang. "Udah pokoknya okelah," tutur dia.

Mengikuti aturan LCGC maka mengacu Peraturan Menteri Perindustrian No. 33/M-IND/PER/7/2013, mobil harus memenuhi standar konsumsi bahan bakar 20 km per liter dan menenggak bensin dengan RON 92.

Selain itu, adik Avanza-Xenia yang akan bernama Calya dan Sigra itu harus memenuhi syarat teknis lain meliputi ground clearance dan radius putar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya