Adik Avanza-Xenia Berbasis Agya yang `Dipanjangin`

Oleh Gesit Prayogi pada 09 Jun 2016, 09:05 WIB
Diperbarui 09 Jun 2016, 09:05 WIB
Kiranya Begini Sosok Daihatsu Calya yang Bakal Dijual Toyota
Perbesar
Daihatsu dipastikan akan mengeluarkan produk barunya di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2016 yang berlangsung Agustus nanti.

Liputan6.com, Jakarta - Segmen low cost green car (LCGC) tujuh penumpang dipastikan bakal makin ketat. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dan PT Toyota Astra Motor (TAM) dipastikan bakal membuka selubung mobil murah tujuh penumpangnya pada pertengahan tahun ini.

Karena bermain di segmen LCGC, seorang sumber anonim `orang dalam` bercerita soal basis mobil murah adik Avanza-Xenia tersebut. Ketika ditanya mengenai basis mobil yang dibangun dari Ayla-Agya atau menggunakan platform baru, ia menjawab "kalau di industri mobil umumnya nggak ada yang baru, semua kombinasi," terangnya.

"LCGC-lah pokoknya. Sasisnya monokok (sama dengan Agya-Ayla)," kata dia.

Sumber menambahkan, dalam membangun Calya melibatkan putra bangsa dengan bantuan Jepang. Sementara Mark Widjaja, yang dulu dikenal sebagai desainer Agya-Ayla tak dilibatkan.

"(Yang desain) campur. Yang ini (Mark) sudah nggak terlibat," imbuhnya.

Nah, bila adik Avanza-Xenia dikembangkan mengikuti aturan LCGC maka mengacu Peraturan Menteri Perindustrian No 33/M-IND/PER/7/2013, mobil harus memenuhi standar konsumsi bahan bakar 20 km per liter dan menenggak bensin dengan RON 92.

Selain itu, adik Avanza-Xenia itu harus memenuhi syarat teknis lain meliputi ground clearance dan radius putar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya