Konsumsi BBM `Mobil Murah` Adik Avanza-Xenia 20 Km per Liter

Oleh Gesit Prayogi pada 09 Jun 2016, 03:33 WIB
Diperbarui 09 Jun 2016, 03:33 WIB
Adik Daihatsu Xenia Lahir Paling Cepat 2016
Perbesar
‎UFC-3 merupakan penyempurnaan dari konsep yang pernah dipamerkan pabrikan sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Produk hasil kolaborasi PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dan PT Toyota-Astra Motor (TAM) akan menetas Agustus nanti. Menurut informan 'orang dalam' adik Avanza-Xenia itu memiliki konsumsi bahan bakar yang sama dengan Agya-Ayla.

"Kalau itu (adik Avanza-Xenia) harus memenuhi persyaratan (konsumsi BBM 20 km/liter," kata sumber anonim tersebut.

Sementara itu, ia mengonfirmasi bahwa sejumlah gambar yang beredar di warga daring benar adanya. Mobil itu, sebut sumber, sudah masuk dalam tahap siap produksi.

Menyoal pengembangan mobil tersebut, ADM-TAM melibatkan tangan lokal dan Jepang. "Udah pokoknya okelah," tutur dia.

Aturan

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menerbitkan kebijakan mobil murah dan ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC) melalui Peraturan Menteri Perindustrian No. 33/M-IND/PER/7/2013 tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau.

Disebutkan, motor bahan bakar cetus api dengan isi silinder 980-1.200 cc harus memenuhi standar efisiensi konsumsi bahan bakar 20 km/liter. Sementara untuk motor bahan bakar nyala kompresi (Diesel) dengan kapasitas sampai 1.500 cc konsumsi BBMnya harus 20 km/liter.

Mobil LCGC juga harus menenggak bensin dengan RON 92 atau CN 51 untuk Diesel. Ketentuan lain yang harus dipenuhi mobil LCGC adalah soal ground clearance dan radius putar.

Diwartakan beberapa waktu lalu, salah satu produk akan dipasarkan dengan nama Calya. Mobil ini bakal mengisi booth Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya