Sukses

Subtitusi Kampas Kopling Jupiter MX 135 dengan Kawasaki KLX 150

Kampas kopling Yamaha Jupiter MX 135 ternyata bisa disubtitusi pakai punya Kawasaki KLX 150.

Liputan6.com, Depok - Beberapa komponen sepeda motor memang lazim disubtitusi dengan komponen model atau merek lain. Tak terkecuali Yamaha Jupiter MX 135. Dalam hal ini, komponen yang bisa disubtitusi adalah kampas kopling.

"Kampas kopling Jupiter MX 135 bisa diganti pakai Kawasaki KLX 150. Itu bisa," ujar Hendra, Kepala Mekanik Suba Motor yang terletak di Depok, Jawa Barat, Selasa (7/6/2016).

Menurut Hendra, tidak ada perbedaan bentuk antara keduanya. Yang membedakan hanyalah material pembentuknya serta ketebalan, di mana milik Kawasaki KLX 150 sedikit lebih tebal.

Satu set kampas kopling Kawasaki KLX jumlahnya lima lembar kampas, sementara yang digunakan pada Jupiter MX hanya empat lembar. Dalam pemasangan, judder spring dan pelat gesek bawaan Yamaha MX 135 tetap digunakan.

Untuk diketahui, kampas kopling memang pada jarak tertentu harus diganti. Meski begitu, ada beberapa faktor yang membuatnya cepat rusak. Salah satunya adalah karena kampas tidak terendam oli mesin sepenuhnya.

Selain itu, gaya berkendara pengemudi juga jadi faktor lainnya. "Gaya berkendara juga berpengaruh. Kadang kalau macet kondisi masih setengah kopling. Itu kan menarik kampas kopling. Jadi lebih baik dinetralkan," tutup Hendra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.