Sukses

Menyingkap Jeroan Pesaing Honda HR-V dari Toyota

Toyota memamerikan mesin 1,2 liter yang disuntikan pada CH-R, pesaing Honda HR-V.

Liputan6.com, Jakarta - Toyota sudah memulai produksi CH-R yang merupakan lawan Honda HR-V. Mobil ini pun turut hadir di sejumlah pameran, salah satunya Beijing Motor Show 2016.

Menariknya, Toyota turut memajang mesin yang bakal dibenamkan pada CH-R. Sebagaimana dilansir dari Indianautosblog, Rabu (18/5/2016), pabrikan memajang all new 1,2 liter direct injection turbocharged empat silinder.

Mesin 1,2 liter turbocharged empat silinder mengadopsi siklus Atkinson ketika mesin berada di putaran rendah. Ini berkat konfigurasi vertical vortex yang mendistribusikan udara lebih banyak ke ruang bakar dengan cara memperlambat waktu tutup katup masuk. Sistem ini menerapkan exhaust manifold yang terintegrasi di kepala silinder. Manajemen suhu juga dibuat lebih baik.

Di samping itu mesin berkubikasi 1.197 cc ini dilengkapi fitur water-cooled turbo dan heat exchanger, serta sistem VVT-iW (Variable Valve Timing – intelligent Wide) yang memungkinkan buka-tutup katup lebih fleksibel daripada VVT-i.

Di atas kertas mesin 1,2 liter turbocharged ini mampu memproduksi tenaga 114 Tk dan torsi 185 Nm pada 1.500-4.000 rom. Berkat inertia rendah pada turbocharger, sistem VVT-iW, dan sistem direct injection D-4t mesin ini menjanjikan torsi yang lebih baik ketika kecepatan rendah.

Saat disuntikan ke Toyota Auris, mesin ini mampu berakselerasi 0-100 km/jam dan 10,1 detik dengan kecepatan maksimum 198,4 km/jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.