Sukses

Ada yang Berharap Skutik Listrik Gesits Bebas Pajak

Kadin Bali menargetkan harga jual skuter listrik Gesits kurang dari Rp 20 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Sepuluh ribu sepeda motor listrik Gesits karya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) telah dipesan oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bali. Nantinya, mereka akan menjual kembali kendaraan ini.

Lantas, berapa harga skutik listrik tersebut? Ketua Umum Kadin Bali Alit Wiraputra menyebut untuk saat ini harga Gesits belum bisa dipastikan. Meski begitu, kisaran harganya berada di bawah Rp 20 juta.

"Kita harap harganya di bawah Rp 20 juta. Agar tetap kompetitif," ujar Alit kepada Liputan6.com.

Menurut dia, harga semakin bisa ditekan jika ada subsidi atau pembebasan pajak yang diberikan pemerintah. Menurutnya, hal ini adalah bukti jika pemerintah benar-benar mendorong pengembangan kendaraan ramah lingkungan.

"Kami harap ada subsidi dan bebas pajak. Tempo hari kita sudah minta Menristek soal ini dan beliau bilang sudah disampaikan ke Kementerian Keuangan. Tapi memang sejauh ini belum ada progress-nya lagi. Semoga bisa," katanya.

Diprediksi, sepeda motor ini baru akan sampai ke tangan Kadin Bali pada awal 2018. Untuk saat ini, Gesits masih terus dikembangkan. Uji coba akan dilakukan akhir tahun ini dan setahun setelahnya (akhir 2017) baru diproduksi massal.

Di tahap awal, 10 ribu kendaraan ini akan coba dijual ke industri pariwisata seperti perhotelan dan masyarakat luas. Alit sendiri optimistis skutik Gesits akan diterima dengan baik oleh calon konsumen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini