Sukses

Isi Silinder Mesin Mobil Honda Tidak Lagi Seragam

Silinder yang tidak aktif mendorong efisiensi penggunaan bahan bakar.

Liputan6.com, Tokyo - Honda saat ini sedang menyiapkan inovasi revolusioner pada mesin. Nantinya, isi silinder dalam suatu blok mesin tidak lagi seragam seperti saat ini.

Sebagaimana diketahui bila piston pada mesin bakar saat ini memiliki diameter dan langkah yang sama. Honda menghadirkan mesin dengan stroke atau langkah yang bervariasi di tiap silinder blok mesin.

Dilansir Carscoops, tujuan perbedaan stroke ini pada akhirnya membuat volume silinder antara satu dengan yang lainnya berbeda. Ide ini dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar melalui silinder yang tidak diaktifkan.

Cara kerja piston pada mesin empat silinder memungkinkan lebih dari empat besaran kapasitas silinder secara keseluruhan. Memungkinkan terjadinya 15 kombinasi gerakan, mulai dari satu sampai empat silinder berbasis pada radius dorongan pada engkol atau crankshaft. Ini membuat mesin bisa bekerja dengan 15 kubikasi berbeda dalam suatu waktu.

Honda pun telah mendaftarkan ide tersebut pada kantor paten di Jepang. Teknologi tersebut akan diterapkan pada varian dua, tiga dan empat silinder segaris serta jenis mesin V6.

Honda masih belum memanfaatkan temuan tersebut dalam mobil produksi. Selain itu, teknologi ini pun jadi pro kontra di kalangan otomotif. Namun setidaknya, merek yang didirikan oleh Soichiro Honda ini akan melakukan gebrakan baru di masa depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini