Sukses

Gesits, Motor Listrik Garapan ITS Surabaya Siap Usik Merek Jepang

Skuter listrik garapan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya siap menantang motor buatan Jepang.

Liputan6.com, Surabaya - Purwarupa sepeda motor listrik, Garansindo Electric Scooter ITS (Gesits) yang lahir berkat kerjasama pengusaha dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya akhirnya diperkenalkan.

Momen ini jadi bukti bagaimana anak Indonesia mampu melahirkan produk berteknologi tinggi. Meskipun, Ketua Riset Muhamad Nur Yuniarto produk berjenis skuter ini masih perlu serangkaian proses hingga akhirnya bisa diproduksi masal.

"Tapi Pak Menteri (Menristekdikti Muhammad Nasir) meminta pengembangannya dikebut, tahun depan harus sudah diproduksi massal," kata pria berkacamata itu kepada Liputan6.com.

Nur -- sapaan karibnya -- mengatakan, seluruh komponen Gesits sudah dikuasai, hanya baterai yang sejauh ini masih diimpor dan menggunakan merek Panasonic.

Menyoal desain, Gesits sepintas mirip dengan motor buatan Jepang dan nampaknya mampu memenuhi selera pasar dalam negeri.

Berbicara soal Gesits, Nur mengungkapkan power pada motor listriknya masih dibatasi. Sebab, motor ini masih purwarupa sehingga power-nya baru terpakai 25 persen.

"Habis ini akan kita melakukan uji dyno. Dan powernya akan dinaikkan secara bertahap hingga 100 persen," Nur menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini