Sukses

Komponen Mesin Vespa Tua Bisa Comot Punya Bajaj

Bajaj memanfaatkan lisensi dari Vespa untuk membangun jantung mekanis.

Liputan6.com, Jakarta - Merawat motor berumur tidak sesulit yang dibayangkan. Untuk Vespa lawas misalnya, skuter asal Italia ini ternyata memiliki kesamaan komponen dengan bajaj bermesin 2-Tak yang ada di Jakarta.

"Ada persamaan mesin dengan Bajaj, makanya untuk sparepart tidak terlalu sulit. Lisensi dari Vespa dijual 20 tahun kemudian ke Bajaj," ungkap Yaya Riyadin, pemilik Vespa keluaran 1954 kepada Liputan6.com belum lama ini.

Pria dengan sapaan Yaya mengungkapkan bila Bajaj yang masuk ke Jakarta dibuat pada dekade 1970-an. Kesamaan komponen antara Vespa dan Bajaj terdapat pada mesin termasuk hingga ke karburator.

Pria paruh baya ini bahkan mengakui bila kualitas material logam untuk komponen Bajaj termasuk berkualitas. Kekurangannya hanyalah pada hasil pengerjaan. "India kalau metalurgi bagus, tapi garapannya kasar," katanya.

Lebih lanjut, ia juga cukup mudah memperoleh busi untuk tunggangannya yang berusia lebih dari setengah abad tersebut. Komponen pemantik api di ruang bakar yang satu ini banyak tersedia di toko-toko suku cadang.

"Kalau ke toko bilang aja busi Vespa, ada kok. Kalau busi Vespa ada kesamaan dengan mobil, ukuran dratnya pendek," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini