Sukses

Penampakan Motor Listrik Karya ITS Surabaya, Mirip Skutik Jepang

Melalui sebuah video yang diterima Liputan6.com, motor berjenis skuter itu tengah diuji jalan.

Liputan6.com, Jakarta - Motor listrik karya anak bangsa yang hadir berkat kolaborasi Institut Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Garansindo tak lama lagi akan melakoni debut. Melalui sebuah video yang diterima Liputan6.com, motor berjenis skuter itu tengah diuji jalan.

Video berdurasi 38 detik memperlihatkan motor listrik berkelir putih itu tengah dites di dalam gedung milik tim pengembangan mobil listrik ITS Surabaya. Karena menggunakan motor listrik tak ada suara bising yang dihasilkan.

Terungkap pula bila motor menggunakan rantai sebagai penyalur tenaga dari motor listrik ke roda dan lampu berbasis LED. Secara umum, tampilan motor listrik ini menyerupai skutik Jepang.

Muhammad Nur Yuniarto, salah satu penanggungjawab dalam pengembangan motor ini mengatakan, Garansindo tidak akan memperkenalkan motor itu di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016. "Kayaknya nggak di IIMS. Garansindo akan mengemas launching-nya," katanya kepada Liputan6.com.

Sebagaimana diwartakan Liputan6.com beberapa waktu lalu, motor listrik ini menggendong motor listrik listrik 5 kW yang menjanjikan kecepatan maksimum 100 km/jam.

Untuk baterainya, motor yang belum diketahui namanya ini mengemas kapasitas 7 kWh. Di atas kertas, baterainya bisa diandalkan untuk jarak 90-100 km dalam satu kali pengisian penuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini