Mercedes-Benz Sprinter Sudah Laku 3 Juta Unit

Oleh Yongki Sanjaya pada 21 Mar 2016, 16:47 WIB
Diperbarui 21 Mar 2016, 16:47 WIB
Lebih dari 3 Juta Unit Mercedes Sprinter Lahir Dalam 20 Tahun
Perbesar
Sprinter diproduksi di enam lokasi di seluruh dunia.

Liputan6.com, Stuttgart - Mercedes-Benz merayakan ulang tahun model Sprinter yang genap 20 tahun beredar di pasar global. Dalam kurun waktu tersebut, pabrikan berlogo three pointed stars telah mengirim lebih dari 3 juta unit Sprinter ke seluruh dunia.

"Tiga juta Sprinter hanya dalam 20 tahun adalah bentuk sukses besar. Sprinter jadi pelopor segmen untuk van besar dan tetap sangat sukses sampai hari ini," ucap Kepala Mercedes-Benz Vans Volkser Mornhinweg.

Sprinter diproduksi di enam lokasi di seluruh dunia, termasuk Dusseldorf dan Ludwigsfelde, Jerman, Charleston di South Carolina, Amerika Serikat (AS), Buenos Aires, Argentina, Fuzhou, China dan di Nizhny Novgorod, Rusia.

Dilansir Carscoops, Sprinter sukses menjadi pemimpin pasar pada segmennya di beberapa negara seperti Jerman, China, Afrika Selatan, dan Argentina. Khusus untuk pasar Amerika Serikat (AS), van besar ini bahkan menjadi pasar terbesar keduanya.

Sepanjang 2015, Mercedes telah menjual 194.200 unit Sprinter. Sebanyak 28.600 unit di antaranya dikirim ke AS atau meningkat 11 persen dibanding 2014. Dikatakan, jumlah itu lebih besar daripada penjualan di Jerman yang hanya mencapai 28 ribu unit sepanjang 2015.

Sprinter generasi terbaru akan diproduksi di pabrik anyar Charleston, South Carolina (AS). Mercedes mengucurkan dana investasi US$ 500 juta atau sekira Rp 6,54 triliun.

Sementara pabrik Sprinter di Dusseldorf dan Ludwigsfelde akan menjalani proses modernisasi. Untuk itu, pabrikan menginvestasikan sejumlah 450 juta euro atau sekira Rp 6,64 triliun.