Sukses

Goodyear Buat Ban Anti Mainstream

Produsen ban Goodyear mempresentasikan konsep ban baru untuk mobil otonomos. Bentuknya sangat unik, mirip bola.

Liputan6.com, Jenewa - Produsen ban Goodyear mempersentasikan konsep ban baru untuk mobil otonomos di gelaran Geneva Motor Show beberapa hari yang lalu. Yang paling mencolok dari ban ini adalah bentuknya yang bundar seperti bola.

Melansir IBN Live, Jumat (11/3/2016), Goodyear mengklaim dengan bentuk seperti itu, ban bisa bebas bermanuver dan tingkat keselamatan yang lebih mumpuni. Ban dapat bergerak langsung ke samping, membuat tikungan 360 derajat, hingga lebih mudah diparkir.

Ban yang diberi nama Eagle-360 ini lengkap dengan sensor internal yang memonitor sejumlah parameter yang terkait dengan berbagai kondisi, dari mulai suhu, tekanan, dan getaran. Data ini kemudian diproses secara real time.

Eagle-360 tidak terbuat dari karet sebagaimana ban pada umumnya. Ban ini hasil dari printer 3D yang juga sudah banyak digunakan untuk membuat beragam benda. Dengan begitu, ukuran ban unik ini akan lebih fleksibel, tergantung kebutuhan.

Ban ini tidak langsung terhubung dengan mobil, tetapi menempel pada sejenis magnet seperti pada kereta modern. Dengan demikian, kenyamanan penumpang lebih baik karena kebisingan kabin akan berkurang.

Goodyear memprediksi ban ini akan banyak digunakan di masa depan, seiring dengan perkembangan mobil otonomos itu sendiri. Menurut studi yang dilakukan Navigant Research, sekira 85 juta kendaraan akan mengaspal tiap tahunnya pada 2035.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini