Peluncuran Toyota Sienta Semakin Dekat

Oleh Septian Pamungkas pada 08 Mar 2016, 20:39 WIB
Diperbarui 08 Mar 2016, 20:39 WIB
Peluncuran Toyota Sienta Semakin Dekat
Perbesar
Kabar kehadiran Toyota Sienta di Indonesia sudah berhembus kencang sejak akhir tahun lalu

Liputan6.com, Karawang - Kabar kehadiran Toyota Sienta di Indonesia sudah berhembus kencang sejak akhir tahun lalu. Seiring berjalannya waktu, teka-teki kelahirannya semakin nyata setelah PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) meresmikan pabrik mesin terbarunya di Karawang, Jawa Barat.

Pabrik tersebut memproduksi mesin alumunium berkapasitas 1.3 liter dan 1.5 liter. Meski tidak disebutkan secara gamblang, mesin berpenggerak roda depan itu akan digunakan pada model baru yang besar kemungkinan adalah Toyota Sienta. Ini bisa menjadi patokan karena Sienta merupakan satu-satunya model terbaru yang dikabarkan masuk ke Indonesia.

Salah seorang sumber memperkuat dugaan karena menyebut model baru tersebut akan menyasar segmen multi purpose vehicle (MPV). "Sebentar lagi (diluncurkan). Sebelum GIIAS dan sebelum Lebaran, tunggu saja," bisiknya.

Sebagaimana dikabarkan sebelumnya, mesin R-NR juga telah digunakan oleh duet Avanza-Xenia. Hanya saja sistem penggerak rodanya yang berbeda. Jika Avanza-Xenia menggunakan penggerak roda belakang, mesin baru ini berpenggerak roda depan.

Menyoal performa, mesin 1.3 liter mampu menghasilkan tenaga sebesar 100 Tk pada putaran 6.000 rpm dan sementara tipe 1.5 liter menyemburkan daya 107 Tk pada 6.000 rpm.