Sukses

Pabrik Baru, Toyota Bisa Kebut Produksi Mesin

Pabrik ini merupakan yang pertama mengadopsi konsep "The Through Line."

Liputan6.com, Karawang - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) telah meresmikan pabrik ketiga. Fasilitas yang berdiri di Karawang International Industrial City (KIIC) itu melengkapi Plant 1 dan 2 yang ada di Sunter, Jakarta Utara.

Dikatakan, pabrik ini merupakan yang pertama mengadopsi konsep "The Through Line." Di fasilitas tersebut, seluruh proses produksi mesin, yakni casting (pengecoran), machining (permesinan), dan assembling (perakitan) bisa ditangani. Dengan demikian, proses produksi bisa dipangkas dan mengurangi stok barang dalam produksi.

Pabrik baru ini tentu saja berbeda dengan Plant 1 dan 2. Sebab, proses casting biasanya dilakukan di Plant 2 kemudian dikirim ke Plant 1 untuk proses machining dan assembling. Dua fasilitas itu memproduksi mesin tipe TR untuk Kijang Innova dan Fortuner.

Nah, pabrik ketiga TMMIN ini memproduksi mesin R-NR berkapasitas 1.3 liter dan 1.5 liter. Mesin yang dibangun dengan material alumunium itu memiliki tingkat kandungan lokal sebesar 80 persen.

"Pabrik ini memproduksi mesin bensin alumunium R-NR yang merupakan bagian dari jajaran mesin baru TMC (Toyota Motor Corporation) dan akan diekspor ke negara-negara di Asia," kata Presiden Direktur TMMIN Masahiro Nonami. Adapun, pabrik ketiga ini memiliki kapasitas 216 ribu unit per tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini