Honda Tiger Modifikasi, Gahar dan Berotot

Oleh Rio Apinino pada 08 Mar 2016, 18:24 WIB
Diperbarui 08 Mar 2016, 18:24 WIB
Modifikasi Honda Tiger
Perbesar
Modifikasi Honda Tiger (Rio Apinino/Liputan6).

Liputan6.com, Bandung - Dalam aturan Honda Modif Contest (HMC) yang digelar PT Astra Honda Motor (AHM), disebutkan bahwa pemenang tahun lalu masih dapat mengikuti kontes lagi, asalkan dengan sepeda motor yang berbeda.

Tahun ini, juara Bebek dan Sport National Champion edisi 2015, Hendra Agus dari Baronk Custom Bike kembali berpartisipasi. Kali ini, ia mengandalkan Honda Tiger yang telah dipermak sedemikian rupa.

"Konsepnya cafe racer. Semua kita modifikasi, kecuali rangka masih asli," ujar Agus kepada Liputan6.com di Bandung, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Sebagaimana terlihat pada foto, Agus menonjolkan sisi kekar. Velg besar plus aksen krom menjadi `senjata` andalannya.

Warna hitam pada cover tangki bensin dan buntut yang jadi ciri cafe racer, ditambah jok cokelat menghasilkan kombinasi yang selaras. Terdapat pula beberapa aksen emas di bagian rem dan alur sticker.

Yang menarik, Agus mengubah aliran knalpot. Sebagaimana diketahui, Tiger standar knalpotnya berada di sebelah kanan, sementara Tiger modifikasi ini knalpotnya berada di kiri. Tentu, knalpot yang dipakai adalah knalpot custom. 

Bagian mesin nampaknya tidak ada yang diubah. Dengan kata lain, motor ini masih bermesin Tiger standar, 200 cc, 4 langkah OHC, dan berpendingin udara. Kecepatan maksimal yang bisa diraih Tiger standar adalah 120 km/jam. Dengan penambahan bobot seperti ini, sangat mungkin kecepatan maksimal motor berkurang. 

Dengan Tiger ini, Agus optimistis bisa mendulang kemenangan di HMC 2016. "Sebetulnya ini modifikasi belum maksimal. Tapi saya yakin 90 persen, sisanya tergantung penilaian juri," ujar Agus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya