Unik, Sepeda Motor Kayu Unik Karya Urang Bandung

Oleh Rio Apinino pada 07 Mar 2016, 12:28 WIB
Diperbarui 07 Mar 2016, 12:28 WIB
Sepeda Motor Kayu Unik Karya Urang Bandung
Perbesar
Sepeda motor kayu mejeng di gelaran Honda Modif Contest (HMC) 2016 (Rio Apinino/Liputan6.com).

Liputan6.com, Bandung - Salah satu sepeda motor paling menarik yang turut serta di ajang Honda Modif Contest (HMC) 2015 regional Bandung adalah sepeda motor yang sebagian besar terbuat dari kayu.

Sepeda motor unik ini bermain di kelas choppy cub produksi di bawah tahun 2006. Dari depan,  mulai spion, lampu depan (yang tidak ada lampunya), shock, dan tambahan keranjang terbuat dari kayu. Desain semakin menarik karena ada hiasan bidak catur di ujung spakbor.

Rangka juga terbuat dari bambu. Meski demikian, tidak diketahui apakah itu benar-benar hanya bambu, ataukah ada besi di dalamnya. Liputan6.com tidak dapat mengetahui pasti karena tidak diketahui siapa modifikatornya.

Jok juga terbuat dari kayu dan bambu. Terdapat pula anyaman yang kental dengan nuansa sunda. Sepeda motor kayu ini dilengkapi dengan tiga saluran knalpot. Berbagai kabel dililit menggunakan rotan sehingga selaras dengan bagian lainnya.

Salah satu unsur yang masih terbuat dari bahan logam adalah bagian mesin. Tentu, selain mesin, bagian motor yang masih seperti motor pada umumnya adalah ban, yang masih terbuat dari bahan karet.

Meski nampaknya hanya pajangan, sepeda motor ini sebetulnya dapat berfungsi. Mesin dapat hidup dan menggerakkan roda seperti motor pada umumnya. Setidaknya, dalam 300 meter pertama yang merupakan syarat untuk mengikuti kontes ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya