5 Syarat Jadi Juara Modif Motor Honda

Oleh Rio Apinino pada 06 Mar 2016, 20:10 WIB
Diperbarui 06 Mar 2016, 20:10 WIB
5 Syarat Jadi Juara Modif Motor Honda
Perbesar
Kontes modifikasi Honda Modif Contest (HMC) 2016 baru saja diresmikan hari ini (6/3/2016) di Bandung

Liputan6.com, Bandung - Kontes modifikasi Honda Modif Contest (HMC) 2016 baru saja diresmikan hari ini (6/3/2016) di Bandung, Jawa Barat. Sebanyak 200 modifikator turut serta dalam seri perdana tahun ini.

Dewan juri HMC Lulut Wahyudi mengatakan, untuk menjadi pemenang setidaknya ada lima parameter yang harus dipenuhi modifikator. Tanpa kelimanya, mustahil motor modif mereka jadi juara.

"Ada beberapa kriteria untuk jadi juara. Pertama, orisinalitas ide. Harapan kami ada gaya modifikasi baru di dunia modif Indonesia. Indonesia style akan timbul kalau modifikator berani," katanya.

Parameter kedua, tambah Lulut, adalah soal engineering. "Motor yang dilombakan tidak hanya gagah, tapi engineering-nya bagus. Motor harus layak dikendarai," tambahnya.

Untuk itu, sebelum berhasil lolos, panitia melakukan tes laik jalan sejauh 300 meter bagi motor yang turut serta.

"Ketiga, motor Honda itu dikeluarkan pabrik dengan rapi. Maka dari itu, kita ingin motor modifikasi ini sama baiknya dengan motor standar keluaran pabrik," jelas Lulut.

Parameter keempat dan kelima adalah motor harus memiliki nilai seni, dan mendapat nilai tinggi dari masing-masing juri. "Yang paling panjang itu waktu meeting juri. Ada tiga juri dengan latar belakang berbeda-beda. Rapat juri biasanya memang saling debat," tambahnya.

Untuk diketahui, HMC tahun ini dilaksanakan di 15 kota, termasuk Solo, Makassar, Pekanbaru, Mataram, dan babak final digelar di Jakarta, 17-18 September nanti. Jumlah ini lebih banyak dibanding tahun lalu yang hanya digelar di 8 kota. Target peserta diharapkan mencapai 1.900 modifikator.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya