Sukses

Rifat Sungkar Beri Jurus Aman Berkendara di Jalan Berlumpur

Pereli nasional Rifat Sungkar mewanti-wanti agar tidak asal geber gas saat melintasi jalan licin atau berlumpur.

Liputan6.com, Jakarta - Berkendara saat hujan memang perlu teknis khusus. Kondisi jalan yang sering licin dan kadang berlumpur memaksa pengemudi lebih waspada saat berkendara.

Agar mobil tetap dalam kendali, pereli nasional Rifat Sungkar mewanti-wanti agar tidak asal geber gas saat melintasi jalan licin atau berlumpur.

"Dalam keadaan lumpur atau licin parah kuncinya throttle control sama posisi gigi yang paling tepat. Itu gak bisa geber-geber," katanya di sela kegiatan All New Pajero Sport Media Explore di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (25/2/2016).

Rifat menjelaskan pengemudi harus memahami torsi maksimal terdapat pada gigi dan putaran mesin berapa. Ia tidak menganjurkan pengemudi selalu menggunakan gigi 1 ketika melalui jalan licin.

"Lebih baik pakai gigi dua, tapi rpm rendah dan torsinya ada. Nggak selamanya gigi satu bener, kadang terlalu gampang spin," katanya.

Untuk mobil berjenis SUV yang sudah punya modus off-road, kata Rifat, pengemudianya akanlebih mudah mengontrol kendaraan. Sebab modus ini mengitegrasikan respons gas yang terintegrasi dengan posisi transmisi yang dibutuhkan mesin.

"Pintarnya off-road mode itu begitu mobil lewat di lumpur, throttle respons sama gigi terintegrasi. Mode ini akan mencari gigi dan traksi terbaik, orang yang nggak bisa-bisa amat mengemudi jadi gampang," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini