Jeremy Clarkson: Yang Beli Mobil Manual Orang Gila

Oleh Rio Apinino pada 17 Feb 2016, 20:40 WIB
Diperbarui 17 Feb 2016, 20:40 WIB
Mantan Presenter Top Gear Terancam Kurungan Penjara Tiga Tahun
Perbesar
Presenter otomotif kelas dunia, Jeremy Clarkson dan kru Top Gear lainnya berpotensi menghadapi tuntutan tiga tahun penjara di Argentina.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak yang masih menggandrungi mobil bertransmisi manual. Bahkan, ada pepatah yang mengatakan bahwa "laki-laki sejati menggunakan tiga pedal." Tapi tidak demikian dengan presenter Jeremy Clarkson.

Mantan presenter acara otomotif Top Gear itu mengatakan, lebih dari 70 persen mobil yang dijual di Inggris, tempat kelahirannya, adalah mobil manual. "Dan lebih bari 70 persen pemilik mobil itu sudah gila," tulis laman Paultan, mengutip perkataan Clarkson.

Ia mengibaratkan orang-orang yang masih menggunakan transmisi manual sebagai orang-orang yang tidak perlu remote control saat membeli televisi. "Saya mampu berjalan ke TV dan mengubah salurannya sendiri," ledeknya.

Ia juga mengibaratkan mereka yang membeli mobil manual seperti orang yang menolak memiliki mesin cuci karena lebih memilih membersihkan pakaiannya di sungai terdekat.

Meski demikian, Clarkson mengakui bahwa transmisi manual memang memiliki kelebihan. Misalnya saat di pacuan balap di mana semua orang beradu cepat. Tapi kenyataannya, sebagian besar mobil dihabiskan di lingkungan kota.

Ia menjelaskan, transmisi otomatis sekarang lebih hemat bahan bakar dibanding sebelumnya. Hal ini tentu saja karena kemajuan teknologi yang berhasil pabrikan ciptakan.

Beberapa pabrikan bahkan telah meninggalkan sama sekali transmisi manual untuk produk-produk anyar, terutama produsen mobil super seperti Ferrari dan Lamborghini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya