Inilah Skuter Tercepat di Dunia, Tembus 173 Km/Jam

Oleh Rio Apinino pada 10 Feb 2016, 06:06 WIB
Diperbarui 10 Feb 2016, 06:06 WIB
Inilah Skuter Tercepat di Dunia, Tembus 173 Km/Jam
Perbesar
Sebuah skuter empat roda berhasil memenangkan Guinness World Record sebagai skuter tercepat di dunia dengan kecepatan 173,1 km/jam.

Liputan6.com, Douglas - Sebuah skuter empat roda berhasil memenangkan Guinness World Record sebagai skuter tercepat di dunia. Skutik berkelir hijau metalik itu berhasil mencapai kecepatan 173,1 km/jam.

Melansir Huffingtonpost, Selasa (9/2/2016), skuter ini dibangun oleh duo mekanik David Anderson dan Mathew Hine, keduanya dari Inggris. Sejumlah modifikasi dilakukan agar kendaraan ini bisa melaju dengan cukup cepat.

Mesin skuter lama ini diganti dengan mesin motor sport Suzuki Bandit berkapasitas 600 cc dan hasilkan tenaga sebesar 80 Tk. Ban slick (khusus balap) juga disematkan menggantikan yang ori.

Selain mesin dan ban, skuter ini juga dijejali dengan knalpot khusus, bodi berbahan aluminium, setingan karburator khas balap, serta beberapa aksesori.

Menurut sumber yang sama, dibutuhkan waktu enam bulan untuk membangun skuter ini. Duo mekanik juga dibantu banyak ahli, yang berasal dari Anderson Body Shop, agar skuter dapat mencapai kecepatan yang diinginkan.

Hine sendiri yang kemudian mengemudikan skuter ini di lintasan balap, tepatnya di Pokerstars Drag and Drift di Jurby Motordrome.

Tentu saja, skuter ini tidak bisa digunakan di jalanan umum. Pasalnya, ia dibangun tanpa menggunakan rem depan sebagai standar keselamatan di negara manapun.

Sebetulnya, pemecahan rekor ini telah dilakukan pada Agustus 2014 lalu. Tapi karena satu dan lain hal, Guinness baru mensertifikasinya.

Tag Terkait