Alternatif BBM yang Janjikan Performa Lebih Baik dari Solar Biasa

Oleh Yongki Sanjaya pada 07 Feb 2016, 15:20 WIB
Diperbarui 07 Feb 2016, 15:20 WIB
Stok Terbatas, Kia Sportage Diesel Bakal Diperebutkan
Perbesar
Keluarga Kia Sportage semakin lengkap setelah Kia Mobil Indonesia (KMI) mendatangkan pilihan mesin diesel.

Liputan6.com, Jakarta - Meningkatkan performa mesin Diesel pada mobil harian bisa dilakukan dengan cara mengganti bahan bakar. Selain solar, bahan bakar untuk mobil Diesel yang tersedia di pasaran yaitu Pertamina Dex atau Pertadex.

"Pertadex ditambah berbagai additif untuk meningkatkan performa mesin dan lubrisitas bahan bakarnya. Kandungan sulfur Pertadex maksimal 300ppm, solar maksimal 3500ppm," kata Muhammad Resa, Assistant Manager Brand Communication Pertamina kepada Liputan6.com.

Resa menjelaskan, jika kandungan cetane number pada Pertadex yaitu 53, sedangkan solar 48. Lebih tingginya cetane number menjanjikan performa yang lebih baik.

Performa lebih ditentukan oleh cetane number ini. Kalau tinggi, dia (bahan bakar) akan terbakar dengan lebih mudah," ucap Tri Yuswidjajanto Zaenuri, Dosen Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB.

Tri menjelaskan jika kemampuan pembakaran yang baik dapat mengurangi detonasi. Pada mobil lawas, penggunaan bahan bakar diesel dengan cetane number lebih tinggi turut mendongkrak performa, namun perlu ubahan pada timing injection yang dimundurkan secara manual.

"Mobil diesel yg berisik itu karena detonasinya. Mesin akan dapat daya lebih tinggi, detonasi berkurang," kata Tri.

Tag Terkait