Sukses

Dirasa Menjanjikan, Panasonic Beralih ke Industri Otomotif

Panasonic yang selama ini dikenal dengan perusahaan teknologi perabotan rumah tangga akan beralih ke industri otomotif.

Liputan6.com, Tokyo - Panasonic Corp. adalah salah satu perusahaan teknologi besar di dunia. Selama ini fokus mereka pada televisi dan teknologi rumah tangga. Sayangnya, perabotan ini perlahan mulai ditinggalkan.

Tidak mau berakhir begitu saja, perusahaan asal Jepang ini mencoba berinovasi dan mengalihkan fokusnya pada sektor lain. Sektor yang dipilihnya kemudian adalah suku cadang otomotif, yang dianggap berprospek cerah.

"Bisnis otomotif akan terus memimpin pertumbuhan. Bagaimana memanfaatkan kompetensi inti di bidang itu jadi fokus utama," ujar Masahisa Shibata, President of Panasonic Global Automotive Business, dikutip dari Automotive News, Rabu (20/1/2016).

Panasonic sebetulnya tidak memulai semua dari nol. Bahkan, menurut sumber, dengan modal yang dimilikinya mereka sangat mungkin jadi saingan berat perusahaan suku cadang mapan lain seperti Denso Corp. dan Bosch.

Dijelaskan, tahap pertama akan dilakukan mereka adalah merelokasi sekira 400 pekerja dari lini produksi TV, camcorder dan telepon. Semuanya akan dialihkan untuk memproduksi baterai mobil.

Untuk diketahui, Panasonic sebetulnya telah menjadi produsen baterai mobil untuk kendaraan hybrid atau listrik. Beberapa perusahaan otomotif kelas dunia pun telah bekerja sama dengan mereka, di antaranya Toyota dan Tesla.

Ke depan, Panasonic menargetkan ingin menguasai pangsa pasar baterai mobil di seluruh dunia lebih dari setengahnya. Di tahun fiskal terakhir, mereka menguasai 16 persen penjualan baterai mobil dalam skala global.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.