New Yamaha Fino 125 BlueCore vs New Honda Scoopy eSP

Oleh Yongki Sanjaya pada 11 Jan 2016, 07:04 WIB
Diperbarui 11 Jan 2016, 07:04 WIB
Komparasi Yamaha New Fino 125 Blue Core dan New Honda Scoopy eSP
Perbesar
Kedua skutik bergaya retro modern ini dipasarkan dengan harga Rp 16,5 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Peluncuran New Yamaha Fino 125 BlueCore semakin memanaskan pasar skutik di Indonesia. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing menjejali skutik bergaya retro ini dengan beberapa upgrade pada sisi teknis maupun fitur.

Ini dilakukan agar New Fino 125 BlueCore kompetitif bersaing dengan New Honda Scoopy eSP yang dipasarkan oleh PT Astra Honda Motor. Apa saja keunggulan dari masing-masing model? Berikut hasil rangkuman Liputan6.com:

Harga

Yamaha memasarkan New Fino 125 BlueCore dengan banderol Rp 16,25 juta On the Road Jakarta. Skutik ini hadir dalam dua tipe yakni Elegant dan Sporty.

Harga yang dibanderol skutik ini sama persis dengan model New Honda Scoopy eSP yang dipasarkan PT AHM. New Honda Scoopy eSP juga ditawarkan dalam dua tipe yakni Sporty dan Stylish.

Mesin

New Fino 125 Blue Core
Skutik retro Yamaha ini didukung mesin baru berkapasitas 125 cc. Volume silinder tersebut berasal dari perbandingan Diameter X Langkah 52,4 x 57,9 mm.

Perbandingan kompresi pada ruang bakar berteknologi BlueCore sebesar 9,5:1. Daya maksimal yang dihasilkan sebesar 9.52 PS pada 8 ribu rpm dengan torsi 9,6 Nm pada 5.500 rpm.

New Scoopy eSP
Adapun kompetitor utamanya yakni New Scoopy eSP didukung mesin yang kapasitasnya lebih kecil yakni 110 cc. Perbandingan kompresi pada skutik retro Honda ini juga 9,5:1. Didukung kapasitas mesin lebih kecil, daya yang dihasilkan Scoopy sebatas 8,7 PS pada 7.500 rpm dengan torsi 9,1 Nm pada 6 ribu rpm.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Fitur dan Teknologi

Fitur dan teknologi

Dipasarkan dengan harga Rp 16,25 juta, baik New Fino 125 BlueCore maupun New Honda Scoopy eSP didukung beragam fitur unggulan hasil pengembangan pabrikan.

Scoopy eSP
Foto: Astra Honda Motor
Pertama, dimulai dengan mengupas fitur pada skutik retro Honda yakni Scoopy eSP. Tambahan nama 'eSP' di belakang Scoopy merupakan bentuk adanya teknologi berupa Enhance Smart Power sehingga mampu memaksimalkan pembakaran secara efisien dan meminimasi gesekan untuk mengurangi resiko terbuang percuma, serta mengoptimalkan energi yang keluar.

Teknologi eSP dikombinasikan dengan ACG Starter untuk menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara. Selain itu, Scoopy eSP sudah dibekali fitur canggih Idling Stop System (ISS) yang mampu mematikan mesin saat berhenti lebih dari 3 detik dan hanya perlu menarik tuas gas untuk menghidupkannya lagi.

Fitur lain yang jadi unggulan skutik berlogo sayap mengepak yaitu Answer Back System yang terintegrasi dengan kunci kontak. Fitur ini memberi kemudahan bagi pengendara untuk mengetahui letak posisi motor. Dengan menekan tombol remote, motor akan memberi respon suara sekaligus semua lampu sen akan menyala.

Fino 125 Blue Core
Tidak mau kalah dengan kompetitor, Yamaha membekali skutik retro terbarunya dengan banyak fitur dan teknologi. Mengupas mesin, Fino 125 telah menggunakan teknologi BlueCore dimana membuat kapasitas mesin ini meningkat jadi 125 cc dari yang sebelumnya 115 cc tetapi memiliki tingkat efisiensi BBM yang diklaim lebih irit 50 persen dibandingkan Fino karburator.

Selain itu, Fino 125 juga telah menggunakan Eco Indicator yang akan menyala ketika skutik dikendarai pada rentang keceptan 20-60 km/jam. Indikator ini berfungsi sebagai penanda ketika mesin mencapai tingkat efisiensi terbaik.

Foto: Liputan6.com/Yongki Sanjaya

Fitur unggulan pada skutik retro cap garputala yakni asistem keamanan canggih yang didukung answer back dan auto open key shutter. Sama seperti yang digunakan kompetitor, fitur answer back berfungsi untuk memudahkan pengguna mengetahui posisi motor ketika di parkir. Fitur anyar berupa auto open key shutter ini akan memudahkan pengendara membuka panel keamanan pada rumah kunci menggunakan sistem remote yang terdapat pada anak kunci secara wireless.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya