Sukses

Begini Tampang Mobil-Mobil Anak Muda Zaman Dulu

Kaum muda mencari kendaraan yang mengkombinasikan antara performa mumpuni dan harga terjangkau.

Liputan6.com, California - Pabrikan otomotif selalu melakukan inovasi pada model-model yang mereka produksi. Segmen anak muda selalu menjadi pasar potensial bagi pabrikan otomotif sejak dekade 1960-an.

Segmen ini selalu disuguhi kendaraan yang mengkombinasikan antara performa mumpuni dan harga terjangkau untuk memikat calon konsumen. Kesuksesan yang dicapai mobil untuk kaum muda pada akhirnya menjadikan model tersebut legenda.

Model-model ini menjadi pertaruhan pabrikan menggoda calon loyalis merek. Ada model yang terus dipertahankan, dan ada juga model yang terpaksa dihapus karena penjualannya yang tidak menggembirakan.

Apa saja mobil-mobil yang digemari pada era 1960-an? berikut ini uraiannya yang disitat dari Cheatsheet, Senin (28/12/2015):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Chevrolet Corvair Monza - Ford Mustang

Chevrolet Corvair Monza

Tim Eksekutif Chevrolet pada penghujung dekade 1950-an menemukan fakta baru jika segmen baru yang diisi oleh kaum muda akan segera hadir. Segmen ini mencari mobil yang unik, terjangkau, serta menyenangkan.

Chevrolet pun menjawabnya dengan meluncurkan Monza pada 1960, versi dua pintu dari Corvair yang merupakan model radial terbaru pabrikan. Monza hadir dengan seabrek fitur ala mobil sport yakni bucket seat, transmisi manual empat percepatan, serta mesin enam silinder segaris turbocharged pada 1962. Monza menjadi mobil produksi kedua di dunia pada saat itu yang didukung turbocharged.

Sayangnya, era Monza tidak dapat bertahan lama karena tergerus popularitas muscle car. Setelah sembilan tahun dipasarkan, Chevrolet menghentikan produksi Monza pada 1969.

Ford Mustang

Foto: Cheatsheet

Muscle car berlogo kuda poni ini dianggap sebagai mobil yang dibangun sesuai selera anak muda. Pada awal dekade 1960-an, Wakil Presiden Ford, Lee Iacocca melihat pasar remaja yang sedang booming. Ia lantas memanfaatkan momentum dengan merancang coupe sporty yang dibangun dari basis Ford Falcon.

Harga yang ditawarkan juga terbilang menarik, kurang dari US$ 18 ribu atau sekira Rp.. dengan patokan nilai saat ini. Generasi pertama Mustang sukses terjual lebih dari 1,2 juta unit.

3 dari 3 halaman

Datsun 240 Z - VW Golf GTI

Datsun 240 Z

Inilah cikal bakal keluarga Z-series dari Nissan. Datsun 240Z merupakan mobil sport kelas dunia buatan Jepang yang diakui kualitasnya oleh pasar Amerika Serikat.

Datsun 240 Z tidak kalah pamor sekalipun diluncurkan bertepatan dengan era muscle car. Mobil sport ini menawarkan beberapa teknologi canggih seperti suspensi independen, rem cakram pada keempat roda, serta mesin dengan overhead cam. Selain itu, harga yang ditawarkan Datsun lebih murah ketimbang Chevrolet Camaro Z/28.

Kesuksesan yang diperoleh secara instan oleh 240 Z rupanya terus bertahan hingga lima dekade. Keluarga Z terbaru yakni 370 Z masih terus mempertahankan tradisi desain milik 240 Z.

Volkswagen Golf GTI

Foto: Cheatsheet

Raksasa otomotif asal Wolfsburg, Jerman, ini sukses membuat hatchback menjadi salah satu mobil dengan performa terbaik di dunia. Pada 1976, VW meluncurkan Golf dalam varian GTI yang dibangun dengan bobot kurang dari satu ton.

Golf GTI pertama didukung mesin 1,6 liter dengan output 110 Tk. Performa akselerasi dari 0-100 km/jam dalam 9 detik dan dikatakan lebih cepat dari Ford Mustang era kontemporer.

Pada 1983 GTI menggebrak ke segmen hot hatch yang menggoda generasi muda masuk ke segmen mobil sport. Varian GTI hingga kini terus eksis sebagai salah satu mobil dengan handling terbaik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini