Sukses

Harganya Selangit, Cat Thermochromic Minim Perawatan

Cat thermochromic menjadi inovasi baru dalam dunia modifikasi mobil di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Cat thermochromic menjadi inovasi baru dalam dunia modifikasi mobil di Indonesia. Memakai cat dengan dua warna yang berbeda dalam satu bidang, perawatan jenis cat seperti ini ternyata tidak sesulit yang dibayangkan.

Dijelaskan Iksan Talib, pemilik bengkel Platinum Motorsport, perlakuan terhadap cat mobil yang didatangkan dari Kanada ini sama seperti mobil-mobil pada umumnya. Tidak ada perlakuan khusus agar cat tetap kinclong.

"Perawatan sama seperti cat biasa. Mobilnya dipoles juga tidak ada masalah," ungkap Iksan kepada Liputan6.com, Selasa (15/12/2015).

Pemilik bengkel yang berlokasi di Jalan Cipinang Muara 1 Nomor 49 A Jakarta Timur ini menjelaskan, proses pengecatan pada thermochromic juga sama seperti mengecat mobil biasa. Perbedaannya hanya pada cairan cat yang harus segera disemprot saat suhu dingin.

"Ini proses terakhirnya juga clear coat. Bedanya, Cat harus didinginkan lagi ketika mulai menghangat," tambahnya.

Adapun proses pengecatan thermochromic membutuhkan waktu hingga 45 hari. Tingkat kesulitan yang tinggi ketika mengecat jadi penyebab lamanya proses.

"Distributor dari Kanada tidak memberi tahu caranya. Kami sebelumnya mencoba sampai 10 kali di panel gagal terus, akhirnya baru tahu jika cairan cat harus disemprot dalam kondisi dingin," tuntasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.