Sukses

Kasih Harga yang Pantas, Toyota Sienta Jadi Pemanis Tahun Depan

Kondisi industri otomotif nasional pada 2016 diprediksi tidak akan jauh berbeda dengan 2015.

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi industri otomotif nasional pada 2016 diprediksi tidak akan jauh berbeda dengan 2015. Belum menjanjikan perkembangan signifikan namun persaingan makin ketat.

"Saya bilang ke sales, makannya harus lebih banyak," ujar Agus Prayitno Wirawan, Chief Executive Auto2000. Perumpamaan ini dibuat mengingat kue penjualan nasional tidak tumbuh tahun depan. "Kuenya cuma segitu (tidak berubah), jadi harus makan lebih banyak."

Walau kondisi masih diperkirakan sama, Agus menatap 2016 dengan rasa optimis. "tahun depan lagi dipikirin, kalau cuma ngandelin diskon ngak ada habisnya. Kami berikan harga yang pantas buat konsumen," jelas Agus dengan senyum mengembang.

Strategi yang diterapkan tidak hanya menjual lebih banyak. "Mobil baru itu terasanya satu bulan pertama. Nah tiga tahun pakai itu yang harus dipikirin," ujarnya. Makanya Auto2000 membuat beragam upaya agar produk Toyota masih jadi top of mind-nya konsumen di Indonesia.

"Misal buat konsumen loyalis langsung dapat paket gratis servis untuk tiga tahun atau 50 kilometer," ujar pria yang pertama kali menjadi sales Toyota pada 1992 ini.

Ada lagi paket-paket lainnya yang ditawarkan Auto2000 mengenai layanan purna jual. Misal peningkatan jasa home service. "Dari 96 cabang, kami punya 300 armada home service. Itu di luar layangan yang memakai sepeda motor," tambah Agus. Hal-hal kecil juga diperhatikan seperti pemberian 2 liter oli gratis bila konsumen datang ke bengkel tepat waktu atau bonus voucher belanja.

Di luar upaya yang dilakukan untuk menghadapi 2016, kehadiran produk baru jadi pemanis tahun depan. Saudaranya Avanza bakal hadir. "Sienta itu mobil bagus, sudah lihatkan yang di Jepang?," ujarnya. Agus mengisyaratkan Sienta bakal diterima dengan baik di Indonesia. Sayang kapan dan bagaimana spesifikasi Sienta belum mau di-share kepada media.

Sienta merupakan mobil sekelas Toyota Avanza yang memiliki model seperti Honda Freed. Kompak MPV ini punya pintu geser dan jok model captain seat. Sangat mungkin Sienta menggunakan mesin yang sama dengan Avanza, berkapasitas 1,5 liter dari keluarga 1NZ-FE.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini