Sukses

Lampu Adaptif Mobil Masuk Kriteria Standar Keselamatan, Kapan?

Lampu adaptif berpengaruh besar untuk mengurangi kecelakaan.

Liputan6.com, California - Keselamatan berlalu lintas tidak hanya ditunjang dari perilaku berkendara tetapi juga dari perlengkapan pada kendaraan. Kali ini, Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) dikabarkan ingin menambah lampu adaptif sebagai standar keselamatan kendaraan.

Lampu adaptif adalah jenis lampu dengan sorot lampu mengikuti arah roda. Cara kerja dari lampu adaptif dibantu oleh kamera agar pancaran cahaya ikut sesuai arah roda depan berbelok.

Dilansir Autoweek, Rabu (2/12/2015), lampu adaptif dipersiapkan sebagai standar keselamatan karena dapat menerangi jalan di depan lebih baik ketimbang lampu konvensional. IIHS lantas berusaha mendorong pabrikan otomotif untuk menyediakan teknologi di model terkini.

"Kami sudah mempelajari semua inovasi yang berbeda sejauh kita mampu. Dari yang sudah dipelajari, lampu yang dapat dikendalikan ternyata berpengaruh besar untuk mengurangi kecelakaan," kata David Zuby, Kepala Penelitian IIHS.

Lebih lanjut, IIHS saat ini sedang mempersiapkan standar penilaian tersendiri untuk fitur lampu adaptif dan akan berlaku setidaknya pada 2017. Kendaraan yang telah memenuhi standar keselamatan tertinggi dan didukung lampu adaptif akan diganjar dengan rating Top Safety Pick-Plus.

(ysp/sts)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini